Lebak (Antaranews Banten) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar bakti sosial (baksos) di Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kita komitmen dan peduli terhadap lingkungan sekitar untuk membantu masyarakat," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi dalam sambutannya di Lebak, Selasa.

Kegiatan baksos itu dalam memperingati HUT Basarnas ke-46 dan dipusatkan di Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak.

Selama ini, Basarnas mengemban tugas memiliki misi-misi kemanusian dengan penuh keikhlasan.

Karena itu, kegiatan baksos yang dilaksanakan bukan hanya sekedar bernilai seremonial belaka.

Namun, baksos itu memiliki makna terkandung untuk semakin peduli dan sensitif terhadap lingkungan sekitar.

Bahkan, Basarnas belum lama ini melaksanakan misi kemanusian di Papua yang mengalami kejadian luar biasa (KLB) penyakit dan gizi buruk.

Selama ini, kata dia, Basarnas mampu mendorong dan berperan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Begitu juga kekuatan sekecil apapun yang dimiliki oleh masing-masing individu tentu akan menjadi kekuatan yang besar jika disinergikan.

Kegiatan baksos itu meliputi sunatan massal,pembagian sembako, pemberian kacamata juga pemeriksaan kesehatan.

"Kita percaya di tengah kondisi dan kemampuan kita yang berbeda-beda,namun terkandung semangat kebersamaan yang tinggi, kepedulian yang besar, dan keikhlasan untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, ribuan warga Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka sangat terbantu adanya kegiatan baksos yang dilaksanakan Basarnas tersebut.

Mereka masyarakat datang dari perkampungan sejak pagi untuk mendapatkan bantuan sembako, pemeriksaan kesehatan dan pemberian kacamata.

"Kami sangat senang mendapatkan satu kardus sembako yang isinya beras, minyak, gula putih dan makanan," kata Rodiah (45) warga Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018