Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie memenangkan laga pertama fase grup Olimpiade Paris 2024 di Porte De La Chapelle Arena, Sabtu, melalui rubber game. 

Jonatan menang atas wakil Belgia Julien Carraggi dengan skor 18-21, 21-11, 21-16 dalam tempo 1 jam 4 menit. 

Gim pertama bisa dibilang berlangsung cukup alot bagi Jonatan karena lawan mampu mengumpulkan poin dengan cepat. Carraggi bahkan bisa mengungguli Jonatan pada awal gim, sebelum akhirnya wakil Indonesia berbalik unggul selepas turun minum. 

Namun, momentum itu tidak dimanfaatkan dengan cermat oleh sang unggulan ketiga menyusul Carraggi yang terus menyamakan poin di momen kritis. 

Tunggal putra peringkat 52 dunia itu pun kemudian membungkus gim pertama dengan kemenangan 21-18. 

Baca juga: Empat pebulutangkis Indonesia awali perjuangan di Olimpiade Paris

Pada gim kedua, Jonatan mengumpulkan kembali kepercayaan dirinya dan mulai memegang kendali permainan. 

Juara All England Open 2024 itu tidak memberikan kesempatan bagi lawan untuk mengembangkan strateginya dan Jonatan pun menang mulus di gim kedua dengan skor 21-11 dan memaksakan rubber game.

Berbekal kepercayaan diri setelah menang di gim kedua dengan mudah, Jonatan kembali tampil dengan kuat pada gim pamungkas. 

Peraih medali emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu mengklaim interval gim ketiga dengan skor telak 11-4, dan mencoba mempertahankan dominasinya di sisa pertandingan. 

Perlahan tapi pasti, Carraggi berupaya untuk mengejar ketertinggalan hingga ia hanya terpaut dua angka saja dari Jonatan dengan skor 15-17. 

Namun, Jonatan tidak ingin menyia-nyiakan peluangnya untuk menang dan segera menuntaskannya dengan skor akhir 21-16. 

Baca juga: Medali emas pertama Olimpiade Paris direbut atlet menembak China

Dengan ini, maka keempat wakil Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis telah berlaga pada hari pertama Olimpiade Paris 2024. 

Sebelumnya, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang harus menelan kekalahan dari pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara melalui dua gim langsung 22-24, 15-21. 

Lebih lanjut, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menang atas wakil Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel dengan skor 21-13, 21-17. 

Tren positif ini kemudian dilanjutkan oleh ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang menang atas wakil Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun dengan skor 22-20, 14-21, 21-19. 

Baca juga: Kasus pertama di Olimpiade Paris, pejudo Irak positif doping

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024