Dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan Muharram 1446 Hijriyah (H), Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN mengadakan Program Khitanan Sehat Untuk Anak Saleh, dengan mengusung tema “Muharram Berbagi Untuk Generasi Berprestasi” yang dilaksanakan secara serentak oleh YBM PLN Unit diseluruh Indonesia termasuk di Aula Serbaguna PLN UP3 Cikokol, Tangerang, Rabu (10/7).

Kegiatan ini dihadiri oleh GM PLN UID Banten Abdul Mukhlis beserta jajaran, Manager UP3 Cikokol, Ketua YBM PLN UID Banten beserta pengurus, dan para penerima manfaat. 

Berkhitan merupakan hal yang wajib dilakukan oleh anak laki-laki muslimin karena dengan berkhitan akan menjadikan badan lebih sehat dan mengurangi terjadinya infeksi dan sebagainya. Khitanan sehat ini diikuti oleh 20 anak saleh yang berasal dari wilayah Tangerang dan sekitarnya dan bertujuan untuk memberikan kebahagiaan serta kesehatan bagi penerima manfaat sekaligus meringankan beban orang tua dalam menunaikan khitan anaknya. 

Baca juga: Dorong gaya hidup praktis, PLN tawarkan kenyamanan dengan kompor induksi
 
Dalam sambutannya General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis menyampaikan bahwa YBM PLN adalah lembaga yang mengurusi dana Zakat dari Pegawai Muslim PLN diseluruh indonesia yang akan disalurkan kembali untuk berbagai kegiatan, salah satunya adalah khitan yang masuk ke dalam pilar kesehatan YBM.

“ Alhamdullilah  hari ini kita melaksanakan kegiatan khitanan yang merupakan sunnah dan dianjurkan bagi laki-laki muslim. Pegawai muslim PLN telah dipotong 2,5 persen dari penghasilan setiap bulannya kemudian disalurkan melalui 5 pilar program diantaranya Sosial kemanusiaan, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Dakwah. Semoga keberkahan senantiasa terlimpahkan bagi negeri ini dan keluarga besar PLN. Terkhusus untuk para "Muzaki"  yang sudah mengamanahkan zakatnya melalui YBM PLN dan Pengelola Zakat di lingkungan anak perusahaan PLN,” ungkap Abdul Mukhlis.

Dalam kesempatan yang sama Ketua YBM PLN UID Banten, Setyo Hariyanto menyampaikan manfaat dana zakat yang dikelola YBM PLN dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan di tiap pilarnya. 

“ Alhamdullilah hari ini dilangsungkan khitanan yang Insyaallah banyak keutamaan seperti kesehatan dan kebersihan, mudah-mudahan harapannya anak-anak dapat tumbuh sehat, cerdas dan menjadi pribadi-pribadi yang bertaqwa”, ucap Setyo.

Baca juga: PLN gandeng 28 mitra badan usaha kembangkan SPKLU, SPBKLU dan "Home Charging"

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa dana yang disalurkan ke berbagai program-program pemberdayaan di pilar sosial kemanusiaan, pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan dakwah untuk memberikan manfaat kepada sekitar 1,19 juta jiwa dari berbagai golongan, termasuk "asnaf" fakir miskin, fisabilillah, muallaf, dan  gharimin di berbagai pelosok wilayah Indonesia.

Di sisi lain, salah satu orang tua anak khitan, Ridwan Haqiqi mengungkapkan rasa terima kasih kepada YBM PLN UID Banten.

 “Semoga dengan berkhitan ini anak tambah dewasa, bertambah rajin dalam beribadah, berbakti kepada orang tua. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh "Muzaki" YBM PLN UID Banten atas bantuannya, semoga Bapak/Ibu semuanya mendapatkan keberkahan, kesehatan dan dipermudahkan segala urusannya oleh Allah Subhanahu Wata’ala, Aamiin yaa Robball,” ungkap Ridwan.

Baca juga: PLN Banten siapkan layanan kelistrikan dan internet perumahan tanpa ribet

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024