Tangerang (Antara News) - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) agen pemegang merek Tata Motors di Indonesia menyelenggarakan lomba irit bahan bakar bagi pemilik mobil pickup Tata Super Ace mengambil rute dari Kelapa Gading Jakarta sampai ke The Flavor Bliss Alam Sutera, Kota Tangerang.

Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta di Alam Sutera Tangerang, Minggu mengatakan, lomba irit bahan bakar "Super Ace Super Challenge 2017" sudah diselenggarakan delapan kali di Surabaya, Tulungagung, Bandung, Jember, Lampung, Malang, Medan, Jakarta.

Biswadev mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari edukasi kepada pemilik bahwa dengan berkendara secara hemat akan mengimbas kepada bisnis.

Disebutkan juga komunitas pickup terkenal sangat loyal terhadap merek, melalui aktivitas pemasaran diharapkan dalam 10 tahun ke depan banyak memberikan inspirasi.

"Melalui mesin diesel di Tata Super Ace , operator disamping mendapatkan unit kendaraan terjangkau juga dapat menghemat Rp1 juta per bulan dari penggunaan BBM dibandingkan kompetitor yang sebagian besar bermesin bensin," kata Biswadev.

Biswadev mengatakan dalam ajang "Super Ace Super Challenge 2017" ada pengemudi yang mampu mencapai 25 kilometer per liter. Ke depan sektor kendaraan komersial masih menjadi andalan penjualan perusahaan di Indonesia.

Brand Manager of Commercial Vehicle TMDI, Wildan Bachtiar mengatakan dengan kondisi market yang tengah mengalami tekanan, maka perlu dibuatkan program seperti Super Ace Super Challenge 2017 yang merupakan program dealer untuk membuka lebih banyak peluang.

Wildan berpendapat untuk pasar Indonesia membutuhkan kendaraan komersial/ niaga torsi rendah namun efisien dalam penggunaan BBM sampai 20 persen sepanjang memperhatikan pemeliharaan.

"Bahkan dengan menggunakan grade oli paling rendah biaya perawatan hanya per 10.000 kilometer, sedangkan untuk kompetitor per 5.000 kilometer. Kami juga memberikan bebas biaya service selama tiga tahun pertama," ujar Wildan.

Wildan juga menyampaikan sesuai tagline Tata Super Ace yang ditawarkan bak lebar atau bank panjang "Hemat Dan Muat Sebanyak-Banyaknya" membuat pemilik selain mendapatkan income juga produktiitas tinggi.

Dalam upaya menggaet pasar Indonesia, TMDI menempuh strategi lebih mendekat kepada segmen yang dituju sebagai contoh program "Grebeg Pasar" untuk memamerkan kendaraan di pasar modern maupun tradisional, Tata Masuk Desa serta mengandeng asosiasi untuk terlibat langsung pelatihan wirausaha., disamping program pameran yang sifatnya nasional mapun regional (daerah).

Terkait lomba, Wildan mengatakan, para peserta menempuh jarak 50 kilometer menggunakan sistem full to full BBM, masing-masing kendaraan dimuat barang sampai dengan 1 ton, mesin harus standar, dan tidak boleh melanggar lalu lintas dan rute yang sudah ditentukan.

Wildan mengatakan, kebiasaan berkendaraan sangat menentukan penggunaan BBM, sehingga untuk lomba hemat BBM memang membutuhkan keterampilan pengemudi.

Hasil lomba untuk juara pertama berhasil mencapai 23,17 kilometer per liter, juara kedua 22,66 kilometer per liter, dan juara ketiga 20, 47 kilometer per liter.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017