Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan untuk menjaga keamanan data selama proses penerimaan peserta didik baru  PPDB berlangsung maka di Kota Tangerang menggunakan aplikasi lokal yang dijalankan melalui server Kota untuk menghindari gangguan dari luar

"Kami terus melakukan pembaruan terkait manajemen informasi dengan mengacu pada sistem pemerintah berbasis elektronik, salah satunya adalah aspek keamanan data," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin saat meninjau PPDB di SMP Negeri 6 Kota Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, tinjauan langsung ke SMPN 6 Kota Tangerang terkait PPDB bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses selama penerapan zonasi. Dalam pantauannya, sistem zonasi yang dimulai hari ini telah berjalan lancar.

"Untuk pantauan zonasi hari ini alhamdulillah tadi saya memeriksa sistemnya semua sudah otomatisasi, indikator-indikator yang diukur jarak (ada di zona mana) yang kedua umur," katanya.

Baca juga: Masyarakat diimbau segera lapor jika ada kendala PPDB SMP

Ia juga menyampaikan, sempat teridentifikasi beberapa kendala teknis, seperti masalah tidak munculnya nilai, namun telah diatasi. "Secara keseluruhan berjalan baik, hanya ada kendala sedikit dan sudah dibantu oleh petugas secara manual," ujarnya.

Dirinya berharap dalam hal tata kelola informasi untuk masyarakat Kota Tangerang dapat terus ditingkatkan. "Saya berharap dengan sistem zonasi yang berjalan lancar, proses PPDB yang aman dan terpercaya, serta tata kelola informasi yang terus ditingkatkan, kualitas pendidikan di SMPN 6 Kota Tangerang dan secara keseluruhan di Kota Tangerang dapat terus meningkat," katanya.

PPDB jenjang SMP dibuka mulai 24 Juni 2024 dengan dimulai dari jalur peserta didik berkebutuhan khusus 24-25 Juni 2024, perpindahan tugas orang tua/wali 25 Juni 2024, afirmasi 28-29 Juni 2024, zonasi 2-3 Juli 2024 dan prestasi 5 Juli 2024. Pendaftaran dilakukan melalui laman ppdb.tangerangkota.go.id

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin mengatakan Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Banten membagi tiga zona wilayah untuk memudahkan calon peserta didik memilih sekolah yang dekat dengan rumahnya.

Dinas Pendidikan Kota Tangerang juga mengimbau masyarakat yang mengalami kendala dalam proses pendaftaran PPDB jenjang SMP menghubungi help desk di nomor 0851 8000 3060.

Baca juga: Peneliti nilai kasus PPDB SMA erorr picu negatif layanan di Banten

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024