Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang kembali meraih penghargaan Smart City 2017 dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk aplikasi e-plesiran yang ada di aplikasi Tangerang LIVE.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki kepada Sekretaris Daerah Kota Tangerang Dadi budaeri dalam acara Seminar & Penghargaan Menuju 100 Smart City 2017 di Jakarta, Kamis.

Wali Kota Tangearng Arief S Wismansyah menyatakan daerah ini termasuk dalam 24 kota/kabupaten yang terpilih di tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City yang dicanangkan di Kota Makasar tahun 2016, dan telah berhasil menyusun smart city masterpan.

"Di dalam smart city masterpan terdapat berbagai program yang memanfaatkan teknologi untuk menjawab berbagai tantangan dan peluang sampai 10 tahun ke depan," katanya.

Gerakan menuju 100 smart city ini merupakan program bersama antara kementerian komunikasi dan informatika, Kemendagri, Kemen PUPR, Bappenas, dan kantor staf kepresidenan dengan tujuan pemda dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kota Tangerang punya aplikasi Tangerang LIVE, yang bisa disebut 'one stop application' karena di dalamnya ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan," kata Wali Kota.

Tak sampai di situ, dalam acara yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Wali Kota juga menyampaikan dalam menuju smart city, Pemkot terus melakukan berbagai perkembangan terhadap aplikasi Tangerang Live.

"Tahun 2017 ini kami sebutnya Tangerang Live 2.0, dan pada tahun depan kita naik ke 3.0 dan nanti kami pake sistem geospasial, supaya lebih detail pendataannya," Jelasnya.

Wali Kota juga menawarkan kepada seluruh tamu undangan yang hadir jika ingin mengadopsi seluruh aplikasi yang dimiliki oleh pemkot Tangerang untuk dapat digunakan di daerahnya masing - masing.

"Silahkan kalau ada dari daerah lain yang mau pakai aplikasi milik kota Tangerang, kami dengan senang hati untuk berbagi supaya bisa bersama sama mencapai Smart City di Indonesia," katanya.

Pewarta: Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017