Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Banten, memastikan jamaah haji lanjut usia asal daerah itu yang kini berada di Makkah, Arab Saudi, dalam kondisi sehat tanpa adanya kendala permasalahan kesehatan.

"Sejauh ini jamaah (sakit, meninggal dunia dalam perjalanan, Red) tidak ada. Karena selama perjalanan kita berikan pendampingan. Baik pendampingan orang, dan kesehatan, semuanya sudah disesuaikan dengan tim kesehatan kami," kata Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Ahmad Jubaedi di Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan, jamaah haji Kabupaten Tangerang yang diberangkatkan sebanyak 2.494 orang dengan 20 persen diantaranya lansia dan seluruhnya itu dalam kondisi sehat.

"Jadi sampai hari ini seluruh jamaah (lansia, Red) berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Baca juga: 2.306 calon haji asal Tangerang diberangkatkan ke Tanah Suci

Menurut dia, selama perjalanan seluruh jamaah haji mendapatkan pelayanan dan pendampingan dari Petugas Haji Daerah (PHD). Di mana, pendampingan itu diberikan tiga kategori, di antaranya seperti pendampingan orang, alat dan kesehatan.

Ia menyebutkan, untuk jamaah haji asal wilayahnya yang saat ini telah diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Pondok Gede, Jakarta, yakni sebanyak 2.306 jamaah.

Dari jamaah calon haji asal Kabupaten Tangerang yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi tersebut seluruhnya terbagi dalam tujuh kelompok terbang.

"Sekarang tersisa satu kloter yakni 65 JKG. Kloter ini merupakan gabungan dari jamaah daerah lain, untuk jumlahnya, yakni 140 orang. Nanti diterbangkan pada 10 Juni mendatang," ungkap dia.


Baca juga: Lacak calon haji terpisah dari rombongan, gunakan aplikasi "kawal haji"

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024