PLN terus berupaya memberikan kemudahan akses layanan kelistrikan kepada pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile. Sejak diluncurkan dengan tampilan dan berbagai fitur baru pada akhir tahun 2020 lalu, secara berkesinambungan PLN terus memberikan "update" fitur dan beragam layanan kepada pelanggan.

Berperan aktif dalam memperkenalkan aplikasi PLN Mobile kepada pelanggan, Desi Ulfa seorang Srikandi PLN yang juga selaku Asisstant Manager Pemasaran PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Teluk Naga, mengungkapkan kemudahan akses layanan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile.

“Dengan aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengakses informasi dan layanan PLN secara langsung melalui _smartphone_, tidak perlu lagi mengunjungi kantor PLN atau melakukan panggilan telepon. Pelanggan juga dapat menikmati fitur-fitur utama yang sudah ada di PLN Mobile seperti pembelian token, pembayaran tagihan listrik, layanan listrik (pasang baru, ubah daya, dan simulasi biaya permohonan), layanan pengaduan, dan lain sebagainya," kata Desi dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: Perhelatan Seba Badui sukses, PLN Banten pasok listrik andal

Desi menambahkan bahwa melalui PLN Mobile pelanggan juga dapat mengetahui perkiraan pemakaian listriknya setiap bulan dengan memanfaatkan fitur Catat Meter Mandiri (SwaCam) yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.

“PLN Mobile memungkinkan pelanggan untuk memantau konsumsi energi listrik pelanggan secara "real-time" pelanggan dapat melihat seberapa banyak energi yang telah digunakan dalam periode tertentu, membantu pelanggan untuk mengelola penggunaan energi dengan lebih efisien”, jelas Desi.

Desi mengatakan, pelanggan tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri. Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:
1.    Buka aplikasi PLN Mobile
2.    Pilih menu Catat Meter
3.    Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
4.    Pilih ID Pelanggan
5.    Masukan angka stand meter
6.    Kirim

Baca juga: Untuk energi lebih bersih dan andal, PT Tifico beralih ke listrik PLN

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis mengimbau pelanggan untuk dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile untuk langsung memanfaatkan fitur catat meter mandiri mulai dari tanggal 23 sampai dengan 27 setiap bulannya.

"Kepada seluruh pelanggan setia PLN UID Banten dapat memanfaatkan aplikasi mobile sebagai solusi kelistrikan. Salah satu fitur andalan kami adalah SwaCam yang dapat dimanfaatkan untuk dapat mengetahui realisasi penggunaan listrik bulanan secara mudah dan praktis," pungkas Abdul Mukhlis.

Baca juga: PLN UID Banten ajak peternak ayam di Lebak beralih ke listrik PLN

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024