Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar melepas 22 bus pengangkut ratusan peserta mudik gratis yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Banten, di depan Lapangan Pancaniti KP3B Curug Kota Serang, Sabtu.

Dalam program mudik gratis lebaran 2024 itu, Pemprov Banten menyediakan 22 bus dengan kapasitas 990 peserta mudik, dengan tujuan mudik dari Kota Serang menuju sembilan kabupaten dan kota pada sejumlah provinsi.

"Bagi Pemerintah Provinsi Banten ini merupakan agenda rutin tahunan. Ini juga bagian dari kebersamaan kita dengan masyarakat dalam memeriahkan Idul Fitri 1445 H. Sehingga kita fasilitasi untuk mudik gratis," kata Al Muktabar.

Mudik gratis untuk tahun ini dengan tujuan Kota Palembang, Kota Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kabupaten Garut, Kabupaten Banyumas (Purwokerto), Kabupaten Brebes, Kota Semarang, Kota Surakarta (Solo), dan Kota Yogyakarta.

Baca juga: Tol Tangerang-Merak siapkan loket pengisian saldo e-toll di rest area

Selain itu, kata Al Muktabar, untuk tahun ini Pemprov Banten memfasilitasi mudik gratis dari sejumlah provinsi ke Provinsi Banten, di antaranya dari Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

"Kita juga membuka ruang mudik ke Banten gratis, serta dari Provinsi Banten ke beberapa daerah," katanya.

Al Muktabar menyampaikan bahwa program mudik gratis tersebut sebagai bentuk pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan kita hadir terus bersama masyarakat, diharapkan terjadi kebahagiaan bersama dan menciptakan stabilitas daerah maupun nasional," katanya.

Sedangkan untuk kesiapan kendaraan dan kesehatan sopir pembawa rombongan mudik gratis tersebut, kata Al Muktabar, pihaknya telah melakukan pengecekan secara teknis sehingga semua dapat memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

"Tadi juga ada pengawalan yang dilakukan. Kita juga memberikan fasilitasi berupa makanan untuk nantinya peserta mudik gratis dapat melaksanakan berbuka puasa bersama di dalam kendaraan," katanya.

Baca juga: Koramil 0602-19/Cikande dukung fasilitas di Pos Lebaran

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024