Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang, Banten, memasang Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) di lokasi strategis yang digunakan pemudik sebagai jalur mudik. 
 
Kepala Dishub Kota Serang, M. Ikbal, di Kota Serang, Banten, menuturkan pemasangan rambu petunjuk jalan ini dilakukan di sepanjang musim arus mudik dan arus balik Lebaran. 
 
Hal ini dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pemudik yang rute perjalanannya melewati Kota Serang. 
 
"Kami sudah mempersiapkan beberapa persiapan menjelang mudik lebaran, salah satunya adalah kita menyiapkan rambu penunjuk jalan baik yang mau ke arah Merak maupun yang ke arah Jakarta," katanya. 

Baca juga: Pemkot Serang larang mobil dinas digunakan mudik
 
Rambu petunjuk jalan ini dipasang di jalan-jalan nasional yang menjadi rute pasti perjalanan para pemudik, yakni di sepanjang jalan utama arah Jakarta menuju Serang atau Pulau Sumatera, begitu pun sebaliknya, yang saat ini menjadi prioritas utama. 
 
Rambu petunjuk jalan ini diharapkan dapat membantu pemudik untuk lebih mudah memahami rute perjalanan menuju kota tujuan.
Terlebih, jika nantinya terdapat skenario lalu lintas khusus yang diterapkan selama arus mudik berjalan. 
 
"Itu sudah kita persiapkan di beberapa jalan nasional untuk mempermudah pemudik, sehingga nanti mereka diarahkan dengan rambut portable yang terpasang," katanya. 
 
Selain itu, terdapat juga beberapa posko mudik serta pelayanan kesehatan yang akan disiapkan di beberapa titik diantaranya di Alun-alun Kota Serang, KSB, Parung, Kasemen, Rest Area Merak dan Jakarta. 
 
"Nanti ada juga posko mobile tergantung situasi itu nanti akan kita siapkan jika terjadi kemacetan," katanya.

Baca juga: Ini aplikasi wajib punya untuk perjalanan mudik Lebaran

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024