Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Banten, memberikan alat bantu kepada 100 penyandang disabilitas, orang lanjut usia (lansia), dan anak yang masuk dalam program asistensi rehabilitasi sosial Kemensos.

Kepala Dinsos Kota Tangerang Mulyani, di Tangerang, Selasa, mengatakan 100 penerima manfaat alat bantu itu terdiri atas 43 penyandang disabilitas, 53 lansia, dan empat anak.

"Mereka menerima bantuan pemenuhan kebutuhan berupa 38 kursi roda, 12 alat bantu dengar, tiga kaki palsu, 27 tongkat kaki 4, dua tongkat netra, dan lima walker," kata Mulyani usai menyerahkan bantuan di Aula Kantor Dinsos Kota Tangerang, Selasa.

Ia mengatakan Dinsos Kota Tangerang sebelumnya mengajukan permohonan alat bantu bagi penyandang disabilitas kepada Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos untuk 117 penerima manfaat.

"Namun, setelah melewati proses verifikasi lapangan, terdapat 100 penerima manfaat yang mendapat alat bantu program asistensi rehabilitasi sosial Kemensos melalui Sentra Mulya Jaya Jakarta," katanya.

Baca juga: Dinsos Kota Tangerang salurkan 50 kursi roda untuk disabilitas

Ia menambahkan, Dinsos Kota Tangerang juga memberikan bantuan untuk modal wirausaha seperti berjualan atau membuka jasa pijat sembako dan kebutuhan nutrisi untuk anak-anak penerima manfaat yang sudah terdata.

"Ada bantuan lainnya yang diberikan bagi penerima manfaat seperti sembako," katanya.

Koordinator Pokja Lanjut Usia Sentra Mulya Jaya Kemensos RI Heru Prasetyo menuturkan pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp43 miliar untuk sembilan kota/kabupaten di Indonesia, salah satunya Kota Tangerang.

"Anggaran tersebut nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah, seperti di Kota Tangerang anggarannya sebesar Rp179.449.500 untuk pemenuhan kebutuhan sosial bagi penyandang disabilitas yang telah terverifikasi oleh tim kami di lapangan," kata dia.

Krisnawati, salah satu penerima bantuan mengaku senang mendapatkan bantuan kaki palsu dari pemerintah untuk menunjang aktifitasnya.

"Alhamdulillah, saya bersyukur mendapatkan bantuan kaki palsu gratis dari Dinsos Kota Tangerang," pungkas dia.

Baca juga: Dishub Kota Tangerang lakukan "ramp check" angkutan Lebaran

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024