Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, terus mengupayakan pemenuhan pasokan bahan pokok sebagai mengantisipasi kelangkaan dan lonjakan harga selama Ramadhan 1445 Hijriah/Tahun 2024.

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono di Tangerang, Rabu mengatakan bahwa upaya pemenuhan kebutuhan bahan pokok tersebut melalui pemantauan pasokan di pasar dan gudang pangan.

"Kita juga sudah menyiapkan sembilan langkah strategi yang akan dilakukan di Kabupaten Tangerang sesuai arahan dari Kemendagri," ucap Andi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) secara daring. 

Baca juga: Catat, Pemkab Tangerang siapkan angkutan mudik gratis ke empat provinsi

Selain itu, pemerintah daerah akan terus melakukan sejumlah upaya, seperti Gerakan Pangan Murah (GPM) dan juga operasi pasar guna menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

"Tentu kami akan upaya segala cara dalam mengatasi berbagai tantangan termasuk pengendalian inflasi dengan cara menstabilkan kebutuhan pokok di daerah," ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Tangerang telah melakukan serangkaian guna menjaga pengendalian inflasi daerah, mulai dari monitoring harga dan ketersediaan stok pokok ke sejumlah pasar di wilayah Kabupaten Tangerang oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) serta menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai wilayah secara rutin.

Salah satu langkahnya, kata dia, yaitu strategi pengendalian laju inflasi daerah dengan menggelar pasar murah atau operasi pasar di berbagai kecamatan serta memantau ketersediaan pangan.

"Harapannya dengan melakukan upaya-upaya tersebut harga bahan pokok ini tidak terjadi lonjakan yang signifikan dan ketersediaan stok pangan tetap aman terlebih menjelang Lebaran," ungkap dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang ketersediaan bahan pokok pada bulan Ramadan ini terbilang aman. Namun, beberapa komoditi terlihat adanya kenaikan yang cukup signifikan seperti pada minyak goreng, beras, cabai merah dan cabai rawit.


Baca juga: Selama Ramadhan, Pemprov Banten siap gelar 17 kali pasar murah

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024