Lebak (Antara News) - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia mengkampanyekan gerakan makan ikan kepada masyarakat Kabupaten Lebak, Banten dengan menjual ikan lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

"Semua ikan yang dijual langsung didatangkan dari nelayan Lebak," kata Arman, seorang pelaksana Perum Perindo di Lebak, Rabu.

Perum Perindo selama empat bulan terakhir di Kabupaten Lebak memasarkan ikan tangkapan guna mendukung masyarakat mengkonsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Pemasaran tangkapan ikan itu berlokasi pada kegiatan "car free day" di kawasan Alun-alun Rangkasbitung.

Dimana kampanye gemar ikan bisa disosialisasikan setelah masyarakat berolahraga dan mereka bisa membeli ikan dengan kondisi segar dan sehat.

Jenis ikan tangkapan antara lain kakap merah, tongkol, tuna, tangiri, layur, cumi dan lemadang.

"Kami menjual ikan tangkapan itu dengan harga murah dibandingkan harga di pasaran," katanya menjelaskan.

Menurut dia, Perum Perindo memiliki kewajiban untuk mengkampanyekan gemar makan ikan karena manfaatnya sangat bagus untuk pertumbuhan tubuh juga meningkatkan kecerdasaan.

Karena itu,pihaknya mendorong masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan.

Ikan mengandung gizi yang sangat baik dan harganya lebih terjangkau.

Kampanye ikan juga bisa membantu mengurangi ketergantungan konsumsi masyarakat Indonesia terhadap daging sapi yang saat ini harganya tinggi.

"Kami mengajak masyarakat dapat membudayakan gemar makan ikan, khususnya kepada anak-anak," katanya.

Kepala Bidang Pembinaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Hasan Lubis mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan kampanye gemar makan ikan diantaranya bekerja sama dengan Perum Perindo menjual ikan tangkapan dengan harga murah dan terjangkau masyarakat.

Selain itu pihaknya juga membina pelaku usaha makanan olahan yang menggunakan bahan baku ikan agar berinovasi untuk membuat varian yang lebih disukai masyarakat khususnya anak-anak.

Gerakan makan ikan merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menggiatkan masyarakat mengkonsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

"Kami berharap kampanye gemar makan ikan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat makan ikan," ujarnya.

Hasan mengapresiasi kreativitas pelaku usaha kecil di Kabupaten Lebak yang membuat berbagai produk berbahan dasar ikan untuk dijadikan kerupuk, amplang, abon ikan, pentol bakso dan lainnya.

Bahkan, pelaku usaha abon ikan produksi 'Bu Bedah' dari Kecamatan Wanasalam sudah menembus pasar nasional hingga luar negeri.

"Kami berharap pelaku usaha agar terus berinovasi membuat varian yang lebih disukai konsumsi masyarakat.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017