Solear (Antara News) - Alfamart menyelengarakan pelatihan membuat bantal has dari limbah pabrik melibatkan puluhan ibu rumah tangga warga Desa Pesanggerahan Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang bertempat di sekretariat Bank Sampah Perum Taman Kirana.

"Pelatihan ini tak hanya mengajak ibu rumah tangga peduli lingkungan dengan mengurangi sampah di rumah dan lingkungan sekitar, tetapi juga membekali mereka keterampilan untuk mendaurulang sampah tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis," kata Kory, fasilitator Bank Sampah Taman Kirana.

Kory mengatakan, peserta dilatih membuat beragam bantal dengan memanfaatkan bahan baku dari limbah pabrik. Keterampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu mandiri, sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi.

Bahan yang diperlukan antara lain limbah kain wol, benang, jarum dan lainnya. Didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu sangat bersemangat mengikuti
instruksi.

Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto mengatakan, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin dua bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart. Sebelumny telah dilaksanakan di daerah lainny seperti di Desa Pasir Nangka dan Cisoka.

“Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM,” katanya.

Dia menyampaikan, perusahaan tak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman toko hingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan di toko.

“Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modernterhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan,” ucapnya.

Yani salah seorang peserta pemberdayaan mengatakan kegiatan seperti sangat baik karena ibu rumah tangga di sini memiliki bekal keterampilan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017