Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan peran organisasi massa (ormas) sangat penting sebagai kontribusi nyata Civil Society dalam menjaga integritas proses Pemilu.

"Ormas juga memiliki peran penting dalam Pemilu yakni meningkatkan partisipasi serta kesadaran politik masyarakat," kata Sekda Herman di Tangerang Jumat dalam keterangannya.

Oleh karena itu, Sekda Herman berharap Ormas dapat memainkan peran yang sangat penting dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kemitraan antara pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ormas diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, memastikan proses Pemilu yang adil dan transparan serta memperkuat demokrasi.

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak ormas berperan aktif ciptakan pemilu aman

Ia mengungkapkan, dengan adanya Ormas di Kota Tangerang yang tercatat sebanyak 201 organisasi, menjadi bukti nyata berjalannya demokrasi di Kota Tangerang.

"Peran Ormas dalam Pemilu sangat penting untuk kesuksesan Pemilu ini berjalan dengan lancar dan damai," ujarnya.

Ia menambahkan terdapat dua indikator suksesnya pelaksanaan Pemilu yakni berlangsung sukses, lancar, aman, damai, berkualitas, berintegritas serta situasi masyarakat kondusif. 

Baca juga: HPN jadikan komitmen wartawan bersikap netral jelang Pemilu

Lalu masyarakat yang memiliki hak pilih berpartisipasi menggunakan hak suaranya dengan datang ke TPS pada 14 Februari 2024 mendatang.

"Tidak masalah jika pilihannya berbeda, yang harus diingat adalah kita semua warga negara Indonesia, harus menjunjung tinggi persatuan," katanya.

Sementara itu jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Tangerang ada 1.362.773 jiwa dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 678.001 dan pemilih perempuan sebanyak 684.772. Kemudian untuk TPS ada 5.175 titik.

Lalu jumlah logistik Pemilu 2024 yang akan digunakan di Kota Tangerang yaitu 25.875 kotak suara dengan rincian lima kotan per TPS. Bilik suara ada 15.525 dengan rincian per TPS tiga bilik suara), tinta Pemilu 10.350 buah dengan rincian per TPS dua tinta, segel Pemilu 310.500 dengan rincian 60 segel per TPS.

Baca juga: Bawaslu ajak media di Banten bantu perkuat pengawasan pemilu

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024