Lebak  (Antara News) - Gubernur Banten Wahidin Halim mengharapkan Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang memiliki pasar induk guna memudahkan pemasaran hasil produksi pertanian.

"Kehadiran pasar induk itu nantinya bisa meningkatkan pendapatan ekonomi petani," kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Lebak, Kamis.

Selama ini, produksi komoditas hasil pertanian dari dua kabupaten itu dipasok ke pasar induk Kramat Jati dan pasar induk Cipinang, Jakarta.

Semestinya, pemerintah DKI Jakarta menyumbangkan anggaran untuk membantu petani Provinsi Banten berupa pembangunan infrastuktur jalan usaha tani, penyaluran benih, pestisida dan pupuk.

Sebab, petani Banten setiap hari memasok kebutuhan komoditas pertanian, seperti sayuran, kelapa, pisang, bumbu dapur dan buah-buahan ke pasar induk DKI Jakarta.

Dia berharap Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang ke depan harus memiliki pasar induk.

Kehadiran pasar induk itu dipastikan menampung produk komoditas pertanian.

Saat ini, mereka petani lebih memilih menjual komoditas pertanian ke luar daerah akibat tidak adanya pasar induk tersebut.

"Kami berharap Lebak dan Pandeglang harus memiliki pasar induk pertanian juga peternakan kerbau dan sapi," ujarnya.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Dedi Rahmat mengatakan saat ini Lebak  perlu memiliki pasar induk guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat petani.  
Apalagi, kondisi Pasar Rangkasbitung yang merupakan pasar kebanggan warga Kabupaten Lebak, sudah tidak layak.

Para pengunjung Pasar Rangkasbitung hampir setiap hari saling berdesakan, terlebih pada perayaan hari besar keagamaan, pengunjung  sulit untuk bergerak.

Kondisi itu diperparah dengan adanya pasar subuh yang mengangkibatkan kemacetan lalu lintas.

Menyinggung adanya rencana Pemerintah Provinsi Banten membangun pasar induk di Kabupaten Lebak dan Pandeglang, pihaknya menyambut positif karena bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja di daerah itu.    
"Kami berharap rencana pasar induk itu bisa direalisasikan secepatnya," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017