Jakarta  (Antara News) - Ketua Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) DKI Jakarta Merry Indah menyatakan seorang sekretaris harus memiliki mental dan kerja dengan cepat.

"Ada hal yang harus dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja dimulai dari proses wawancara, melakukan psikotes dan bekerja. Begitu pula beberapa langkah yang harus dilakukan apabila menjadi seorang sekretaris dengan menghadapi berbagai karakter pimpinan yakni mental yang kuat," katanya di Jakarta, Kamis.

Sekretaris juga harus menjaga penampilan yang profesional dan dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang cepat.

Seorang Sekretaris, dijelaskannya, juga dapat mewakili Pimpinan dalam Rapat apabila Pimpinan tidak dapat hadir.

"Sekretaris kadang kala bisa menjadi pimpinan ketika tidak bisa hadir. Maka itu, mental ini yang harus dimiliki," paparnya dalam acara seminar bagi calon wisudawan di Universitas Budi Luhur Jakarta.

Direktur Akademi Sekretari Budi Luhur, Fenti menambahkan, setiap mahasiswa harus mengedepankan pribadi yang baik dimanapun bekerja. Termasuk menjadi sekretaris nantinya.

"Etika dan sikap yang diajarkan selama masa kuliah, sejatinya harus bisa diimplementasikan dalam dunia kerja. Semuanya harus mempersiapkan mental dalam menghadapi dunia kerja," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Budi Luhur Didik Sulistyanto mengungkapkan bila dunia kerja membutuhkan keterampilan dan keahlian serta kerja keras.

Setiap mahasiswa harus siap menghadapi persaingan dan tidak mudah putus asa. Karena, sikap sungguh - sungguh akan melahirkan cita - cita yang akan diraih.

"Jaga semangat dan mental dalam mencari kerja dan saat bekerja. Karena, tantangan akan selalu ada dan kesuksesan akan dapat diraih," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017