Serang  (Antara News) - Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan ingin Banten memiliki klub sepak bola 'Banten United' sebagai kebanggaan masyarakat setempat mengingat antusiasme masyarakat terhadap olahraga tersebut cukup tinggi.

''Kami  sedang siapkan embrio-nya dulu, serta instrumen-instrumen yang dibutuhkan. Kami targetkan dalam dua tahun terwujud," kata Wahidin Halim usai membuka turnamen futsal antar-OPD/SKPD Banten dalam rangkaian peringatan HUT ke-72 RI di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang, Senin.

Menurutnya, anggaran untuk kebutuhan klub sepak bola tersebut bukan berasal dari APBD Provinsi Banten, tetapi bisa mencari mekanisme lain yang diperbolehkan menurut ketentuan.

''Tidak boleh-tidak boleh (dari APBD) nanti kami  lihat dulu dan masih kami hitung,"kata Wahidin Halim.

Menurutnya, saat ini Pemprov Banten juga sedang merancang pusat sarana olahraga atau sport center dengan menggunakan lahan yang sudah ada yakni di Kecamatan baros Kabupaten Serang. Pihaknya sedang menyusun DED untuk pembangunan sport center tersebut dengan melakukan studi banding ke beberapa lokasi.

"Kami baru punya tanahnya, nanti kami bangun gedung olahraga, saya sedang bikin DED-nya, tanahnya ada di Baros,"k ata Wahidin Halim.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten Wahidin Halim bersama tim-nya memenangkp ertandingan futsal persahabatan dengan skor 8-4 mengalahkan tim Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banten. Pertandingan para pejabat Banten dengan gubernur, sebagai pembuka turnamen futsal antar OPD Banten dalam rangakian memeriahkan HUT RI ke-72 tingkat provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Sebelumnya saat membuka acara, Gubernur Banten mengajak para pejabat dan masyarkaat untuk gemar berolahraga demi menjaga kesehatan serta mengurangi kepnatan dalam menjalankan pekerjaan dan tugas sehari-hari.

''Saya main bola sejak kecil, saya di persita jadi ketua, di persikota jadi ketua dan manager. Puluhan tahun saya berolahraga, saya juga pelari dulunya, marathon, saya pemain pingpong. Alakadarnya saya bermain futsal dan saya juga main badminton. Semua olahraga saya tekuni, karena dengan olahraga kita bisa mengurangi beban-beban hidup kita,"katanya.

Selain untuk menjaga kesehatan, kata dia, olahraga bersama para pejabat juga dapat menjalin kekompakan dan hubungan silaturrahmi antara pegawai pemerintahan.

''Saya sengaja adakan kegiatan olahraga, karena olahraga bagian dari hidup kita, kebutuhan dalam rangka mengelola emosi kita, juga menjaga jiwa kita. Karena disitu ada sportifitas, ada penghargaan terhadap prestasi orang lain, disitu aja kejujuran,"kata Wahidin.

Oleh karena itu, kata dia, jangan pernah berhenti untuk berolahraga karena olahraga mengajarkan tentang sportivitas serta menggali potensi dan prestasi olahraga.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017