Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terus melengkapi dan membenahi sarana dan prasarana kesehatan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Terus kita lengkapi dan benahi, baik yang di RSUD Berkah, di puskesmas perawatan maupun puskesmas," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Sabtu.

Namun, kata dia, karena keterbatasan anggaran, semuanya dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahun 2017 di antaranya penambahan dan pembenahan sarana kesehatan di Kecamatan Picung.

"Kita mengalokasikan dana Rp90,2 juta untuk sarana kesehatan di Kecamatan Picung," ujarnya.

Pemkab Pandeglang bertekad  mengoptimalkan semua jenis pelayanan kepada masyarakat, termasuk kesehatan, dan semua penunjang terkait pelayanan kesehatan dan lainnya akan dilengkapi.

Terkait penambahan sarana dan prasarana kesehatan, ia menyatakan sangat berharap adanya bantuan, baik dari Pemerintah Provinsi Banten maupun pusat.

"Anggaran yang kita miliki sangat terbatas, jadi kita sangat perlu bantuan dari pemerintah Provinsi Banten dan pusat," ujarnya.

Irna menyatakan telah menyampaikan usulan bantuan sarana dan prasarana kesehatan itu kepada Pemerintah Provinsi Banten dan diharapkan masuk dalam program prioritas.

Irna juga menekankan agar puskesmas dan jajaran pelayanan kesehatan lainnya untuk bekerja secara maksimal guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kita ingin derajat kesehatan masyarakat terus meningkat, dan saya juga tidak mau mendengar masih ada warga yang menderita penyakit akut," katanya di Pandeglang, Sabtu.

Dalam merealisasikan peningkatan derajat kesehatan, kata dia, puskesmas diharapkan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya, termasuk para camat, lurah/kepala desa dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017