Pandeglang (Antara News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita menyatakan sektor perikanan tangkap maupun budi daya di daerah itu potensial untuk dikembangkan.

"Kami berharap adanya mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) bisa membantu mengembangkan perikanan di Pandeglang," katanya saat menerima peserta praktik lapangan mahasiswa IPB di Pandeglang, Senin.

Menurut Bupati, Kabupaten Pandeglang  memiliki potensi menjadi "lumbung" atau penghasil ikan.

"Dengan panjang pantai mencapai 250 kilometer, maka sebenarnya Pandeglang potensial menjadi lumbung ikan," katanya di Pandeglang, Rabu.

Ia menyatakan, selain akan meningkatkan produksi ikan dan menjadi penghasil ikan, Pemkab Pandeglang juga telah memogramkan untuk mengembangkan industri perikanan dengan bahan baku memanfaatkan hasil tangkapan nelayan.

"Kami ingin ikan hasil tangkapan nelayan maupun produksi air tawar lokal sebagian diolah sehingga memberikan nilai tambah penghasilan bagi nelayan dan petani ikan," ujarnya.

Terkait dengan itu, ia menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Potensi Pandeglang cukup besar, tinggal pengelolannya saja dimaksimalkan, dan itu perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama Pemprov Banten, KKP maupun DPR RI," katanya.

Selain memiliki pantai cukup panjang, Kabupaten Pandeglang juga mempunyai 33 pulau kecil. Pantai dan pulau tersebut merupkan potensi ekonomi yang kalau dimanfaatkan secara maksimal bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Jenis produksi ikan tangkap di daerah itu, diantaranya ikan manyung, sebelah, selar, bawal, kakap, lemuru, teri, kembung, tenggiri, layur, pari, cucut dan cumi.

Mengenai potensi, menurut dia, sebenarnya cukup besar namun pengelolaan penangkapannya selama ini belum maksimal sehingga produksi relatif masih rendah.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017