Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN Fanta) mengadakan aksi penanaman bibit mangrove dan bersih-bersih pantai dalam agenda "Fanta For Earth" di Pantai KSS, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian bumi.

"Ini sebagai bukti komitmen TKN Fanta Prabowo-Gibran untuk berkarya, yang selama ini kita anggap penting sebagai merawat bumi dan menjaga kelestarian alam untuk kehidupan kita semua," kata Komandan TKN Fanta Arief Rosyid Hasan di Tangerang, Sabtu.

Ia menyebutkan, dalam agenda kali ini tim TKN Fanta berlokasi bersama kelompok muda serta warga sekitar Kampung Nausabahari Nusantara untuk mengembalikan pelestarian alam setempat.

Baca juga: TKN Fanta sebut Prabowo-Gibran sosok peduli anak muda

Selain itu, lanjut dia, tujuan dari kegiatan tersebut, juga sebagai bentuk antisipasi terjadinya pengikisan tanah di daerah pesisir pantai yang disebabkan oleh ombak dan arus laut dengan menanamkan bibit mangrove.

"Kami juga liat, di beberapa daerah sudah kelihatan adanya dampak dari abrasi, contoh di daerah Bekasi sampai masyarakatnya itu mengungsi, jadi kita tidak inginkan seperti itu ke depannya," katanya.

Dia mengungkapkan, jika aksi pelestarian alam ini merupakan bagian dari program unggulan pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di Indonesia.

"Kita buktikan jelang pagelaran debat nanti sebagai perwakilan program dari pasangan calon Prabowo-Gibran," ujarnya.

Baca juga: Khofifah sebut malam nanti kirim surat nonaktif ke PBNU

Kendati demikian, pihaknya berharap atas adanya kegiatan tersebut dapat memantik masyarakat, khususnya generasi muda dapat menjaga lingkungan maupun eksositem laut yang ada di sekitar.

"Program For Eart ini di harapkan bisa menginspirasi anak-anak muda di seluruh Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungannya," kata dia.

Sementara, Koordinator Fanta For Earth Muhammad Hidayat menambahkan bahwa program TKN For Eart sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di kawasan aliran Sungai Ciliwung dan juga di daerah Sulawesi Selatan.

Baca juga: Maruarar Sirait nyatakan dukungan pada Prabowo-Gibran

"Kita tidak bicara pilihan soal Prabowo-Gibran, tapi kita bicara komitmen dari anak-anak muda yang ada di TKN, ini bisa ikut menjaga lingkungan hidup. Dan kami harapkan ke depan program ini terus berjalan," ungkap Hidayat.

Fanta for Earth adalah sau dari 26 cluster di bawah TKN Fanta, sebagai kanalisasi orang muda sesuai konsentrasi, _passion_, ekspertis, maupun isu advokasi masing-masing. 

Sejak awal aktivasinya, TKN Fanta hingga hari ini telah melangsungkan 122 aktivasi cluster sebagai kanalisasi orang muda yang berbaris bersama Prabowo-Gibran. Selain cluster, TKN Fanta juga sudah melaksanakan lebih dari 40 Kopdar di berbagai kota/kabupaten dalam rangkaian roadshow Pemilihmuda.id.

Baca juga: KRI dr. Radjiman diberangkatkan antar bantuan untuk Palestina
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024