Serang  (Antara News) - Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi Banten akan menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, pada 21 Juli bersamaan dengan acara Gebyar Bebersih Bersama.

Kepala Satpol PP Banten Muhammad Basri di Serang, Jumat, mengatakan penataan kawasan Banten Lama kini sedang menjadi fokus Pemprov Banten. Oleh karena itu Satpol PP selaku salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov Banten selalu siap memberikan kontribusi sesuai tugas pokok dan fungsinya.
"Kami sudah siap dari sekarang, kami siap kapan saja diperlukan. Nanti pas 21 Juli, yang ditertibkan itu PKL yang di pinggir jalan," kata HM Basri.

Ia mengatakan untuk penertiban PKL tersebut, pihaknya sudah menyiapkan sedikitnya 200 personel. Jumlah tersebut belum ditambah dengan personel dari Satpol PP Kota Serang yang nantinya akan bergerak dengan format operasi gabungan.    
"Petugas yang diturunkan minimal 200 personel dibantu dengan Satpol PP Kota Serang," kata Basri.

Ia mengaku sudah terlebih dahulu melakukan tindakan persuasif seperti melakukan pendekatan dengan kenadziran maupun kepada PKL melalui sejumlah imbauan.
"Untuk yang Banten Lama sejauh ini sudah sinergi, tim dari kenadziran juga sudah mengimbau, kami juga mengimbau. Yang punya rakyat kan Kota Serang dan Dzuriat kesultanan, kalau mereka perlu penertiban ya kami turun," katanya.

Ia juga menekankan bahwa penertiban yang dilakukannya hanya bertujuan untuk menciptakan kondisi yang nyaman.

"Ini dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat, masyarakat kan juga butuh dagang, butuh makan. Cuma kan tempat atau   lokasinya juga harus sesuai dengan ketentuan," katanya.

Asisten Daerah Bidang Pembangunan (Asda II) Pemprov Banten Ino S Rawita mengatakan berdasarkan rapat koordinasi yang digelar beberapa waktu lalu disepakati akan diadakah Gebyar Bebersih Bersama pada 21 Juli 2017. Kegiatan itu diperkirakan akan melibatkan 2.000 orang baik dari Pemprov Banten, Pemkot Serang maupun Pemkab Serang.
"Ini kerja bareng revitalisasi kawasan cagar budaya Banten Lama. Gebyar bebersih bersama pada 21 Juli, sekalian Jumat Bersih. Sebanyak 2.000 orang yang bakal terlibat, semua ikut, Kabupaten Serang dan Kota Serang juga ikut. Bahkan nanti kami turunkan alat berat juga," kata Ino.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017