Tangerang,  (Antara News) - Warga RW 07 Kelurahan Nusa Jaya Karawaci Kota Tangerang melakukan kerja bakti membersihkan sampah untuk dikumpulkan dan diolah menjadi kompos di TPST 3R Widatama XII.

Ketua Operasional Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) 3R Widatama XII, Kaitman di Tangerang Rabu menjelaskan, sampah yang telah berhasil diolah menjadi kompos akan diberikan lagi kepada warga sebagai bahan untuk bertaman.

Namun, kompos itu diberikan kepada warga yang mengikuti kerja bakti.

"Jadi, setelah kita laksanakan kerja bakti, warga akan mendapatkan kompos yang mana sampahnya adalah hasil dari kerja bakti yang dikumpulkan," ujarnya.

Selain itu, kegiatan kerja bakti pun sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat sesuai program Kampung PHBS.

Program lainnya, lanjut Kaitman, yakni program menyapu saat pagi dan sore hari di setiap halaman rumah. Hal ini agar setiap warga memiliki kepedulian kebersihan yang dimulai dari rumahnya sendiri.

"Kita mengajak warga untuk peduli kebersihan yang dimulai dari rumah sendiri seperti bertanam hingga mengelola sampah secara benar," ujarnya.

Perlu diketahui, Pemkot Tangerang mencanangkan program Kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di setiap Kelurahan sebagai upaya mewujudkan kota yang bersih dan sehat.

Kampung PHBS pun membentuk masyarakat memiliki sifat gotong royong dan keswadayaan dalam pelaksanaan program pembangunan, termasuk pemberdayaan PHBS demi mewujudkan kemandirian keluarga sehat yang berkualitas.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017