Serang (Antara News) - Kelompok Terbang (Kloter) pertama jamaah calon haji (Calhaj) asal Provinsi Banten akan diberangkatkan pada 28 Juli mendatang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Kloter pertama diberangkatkan 28 Juli Insya Allah oleh pak gubernur. Semuanya ada 25 Kloter dari Banten," kata Kepala Kanwil Kemenag Banten Bazari Syam di Serang, Rabu.

Ia mengatakan, persiapan penyelenggaraan haji di Provinsi Banten secara umum sudah siap semuanya, karena panitia sudah terbentuk dan sudah dikukuhkan secara nasional.

Kemudian untuk petugas atau pembimbing haji, tenaga medis dan lainnya juga sudah dilakukan seleksi dan pelatihan.

"Kita sudah siap semuanya, tinggal pengurusan visa yang belum selesai semua," katanya.

Ia mengatakan, jumlah calon jamaah haji asal Banten untuk Tahun 2017 sebanyak 9.420 orang, meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang rata-rata sekitar 8.450 orang calon haji.

Terkait dengan visa, kata dia, dari 9.420 jamaah calon haji tersebut, pada gelombang pertama lebih dari 6 ribu calon haji sudah selesai. Pihaknya sedang mengurus visa calon haji pada gelombang ke dua.

"Nanti pada saatnya tetap bisa selesai. Ini kan bertahap karena memang dari sananya bertahap," kata Bazari.

Pihaknya mengimbau kepada calon haji untuk menyiapkan fisik, mental serta menjaga kondisi kesehatan mengingat kondisi di Mekkah diperkirakan cukup panas pada musih haji tahun ini.

"Harus terbiasa melatih diri dan menjaga kesehatan," kata Bazari.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017