Tangerang (Antara News) - Seluruh penerbangan maskapai Saudi Arabian Airlines akan pindah beroperasi di Terminal 3 Bandara  Internasional Soekano-Hatta Tangerang, Banten, mulai hari Senin (10/7).

Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta M Suriawan Wakan di Tangerang, Senin, menuturkan sebelumnya Saudi Arabian Airlines beroperasi di Terminal 2 Internasional dan pemindahan itu dilakukan untuk peningkatan standar pelayanan,
Adapun rute yang akan dilayani serupa seperti di Terminal 2 yakni tujuan Jeddah, Riyadh dan Madinah. Seluruh penerbangan akan menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 777-300 ER.

PT Angkasa Pura II (Persero) melalui kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta telah merancang perpindahan operasional tersebut dengan kematangan yang lebih baik.

"Dari sisi pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi 'airside' dan 'landside' sudah kami persiapkan," katanya dalam keterangan resmi.

Nantinya, di Terminal 3 Internasional akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti, baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi telepon pintar yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan pemesanan taksi, melihat jadwal penerbangan dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan.

Selain itu juga terdapat total 32 gerbang otomatis imigrasi, di mana masing-masing 15 gerbang otomatis imigrasi di keberangkatan dan 17 gerbang kedatangan.

"Kita juga sudah menerapkan 'common use check-in counter system' yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia," terang Wakan.  
Pada titik pemeriksaan keamanan sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit mesin x-ray dan dari dua unit alat pemindai seluruh badan akan ditambah total menjadi enam unit pemindai badan guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Sejumlah lapak makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional itu dan pengunjung terminal.

Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah  melengkapi berbagai fasilitas pendukung yang sudah dialokasikan di Terminal 3 seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, ground support system (GSS) dan dalam waktu dekat juga akan tersedia mesin check-in mandiri di bagian internasional.

"Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," tutup Wakan.

Selain Saudi Arabian Airlines, dalam waktu dekat akan ada beberapa maskapai yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal 3 di antaranya Vietnam Airlines, Korean Air dan Xiamen Air.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017