Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan image bahwa terminal menjadi lokasi tidak aman dan tempatnya para preman harus dihapus yang salah satunya dengan adanya revitalisasi termasuk Terminal Pakupatan Serang.
 
"Terminal itu tempat yang nyaman, bukan tempat preman, dan pelayanannya juga baik dengan konsep yang saat ini," katanya saat peresmian Terminal Pakupatan, Kota Serang, Banten, Senin. 
 
Selain itu, Jokowi menyampaikan, terminal juga dapat dijadikan lokasi bagi para pelaku UMKM khususnya di Banten untuk menjajakan dan menjual produk-produk unggulannya. 
 
"Kita dapat mendorong usaha kecil menengah untuk bisa menjual produknya di terminal ini," katanya. 

Baca juga: Presiden Jokowi salurkan bantuan cadangan pangan pada warga Serang
 
Jokowi ingin terminal yang dibangun secara modern ini juga bisa lebih banyak mengangkut penumpang lintas daerah. Untuk menunjukkan bahwa pergerakan warga untuk menggunakan transportasi umum, transportasi massal akan semakin banyak. 
 
"Dengan terminal yang sangat indah dan sangat modern ini jumlah busnya juga harus tambah, jumlah penumpangnya tambah, ini menunjukkan bahwa pergerakan warga untuk menggunakan transportasi umum, transportasi massal semakin banyak," katanya. 
 
Jokowi mengaku senang dapat meresmikan Terminal Pakupatan yang masih ramai. Di terminal ini masih ada 400 bus yang beroperasi setiap hari. 

Baca juga: Presiden Jokowi: Pembangunan Bendungan Karian telan biaya Rp2,2 triliun
 
Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Banten, Benny Nurdin Yusuf mengatakan, potensi dengan model terminal modern ini akan menjadi suatu peradaban baru di Kota Serang. 
 
"Karena saat ini perbedaan terminal Pakupatan sudah cukup jauh, sekarang buka hanya sebagai tempat naik turun penumpang, melainkan sebagai penggerak perekonomian daerah, kegiatan sosial, seni, dan budaya," katanya. 
 
Menurutnya, Terminal Pakupatan sudah memberikan wajah dan warna baru dalam dunia transportasi di Banten khususnya di Kota Serang. 
 
"Ke depan kita akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Serang, agar diharapkan bukan hanya bus antar kota saja tetapi angkutan kota juga ikut mulai bergerak," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi resmikan dua jembatan di Kota Tangerang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024