Lebak (Antara News) -  Objek wisata pantai di pesisir selatan Kabupaten Lebak, Banten mulai dilirik wisatawan domestik karena memiliki panorama alam yang indah dan mempesona.

"Kami mencatat 25.000 orang yang mengunjungi objek wisata pesisir pantai hingga hari keempat lebaran. Kunjungan sebanyak itu tentu objek wisata Lebak sangat dilirik wisatawan domestik ," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Hayat Syahida di Lebak, Kamis.

Pantai Lebak yang dikunjungi wisatawan itu antara lain Pantai Sawarna, Pulau Manuk, Cibobos dan Bagedur.

Keempat pantai itu memiliki kelebihan, selain panoramanya indah dan mempesona juga deburan ombak serta angin cukup besar.

Apalagi, Pantai Lebak itu berhadapan langsung dengan Perairan Samudera Hindia yang terkenal ombaknya cukup besar juga tiupan angin sangat kencang.

Pantai Lebak itu banyak wisatawan melakukan permainan papan selancar karena masuk lokasi perairan selatan Jawa.

Namun, pihaknya melarang pengunjung wisatawan melakukan aktivitas berenang di sekitar pantai karena bisa menimbulkan kecelakaan laut.

"Kami mengapresiasi Pantai Lebak kini banyak diminati wisatawan domestik untuk mengisi liburan lebaran," kata Hayat saat meninjau posko keamanan di Pantai Bagedur.

Hayat mengatakan, pemerintah daerah dan pengusaha menjalin kerja sama agar objek wisata pesisir Pantai Lebak bisa mendatangkan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Karena itu, pengusaha wisata agar memanjakan wisatawan melalui berbagai fasilitas dan kemudahan lainnya agar wisatawan merasa aman dan nyaman.

Saat ini, pihaknya telah mendirikan posko  terpadu dengan melibatkan Dinas Kesehatan Polsek, relawan Balawista  dan Pokdarwis.

Selain itu juga pihaknya mengimbau wisatawan dapat mematuhi rambu rambu pengamanan pantai guna menghindari kecelakaan laut.

"Kami yakin ke depan objek wisata Lebak bisa menembus dunia karena cocok untuk permainan selancar dengan karakter ombaknya cukup besar itu," katanya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pihaknya telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sejumlah objek wisata Pantai Lebak.

Kehadiran Pokdarwis merupakan komunitas pariwisata dan  berfungsi sebagai kader pariwisata untuk menggerakan berbagai potensi pariwisata.

Selain itu juga Pokdarwis dapat menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan  jasa-jasa usaha kepariwisataan, seperti homestay, rumah makan, pusat oleh-oleh dan pemandu wisata.

"Kami berharap Pokdarwis dapat berperan aktif untuk membangun objek wisata pantai Lebak sehingga dapat menggulirkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Dari pantauan, sejumlah ruas jalan menuju objek wisata Pantai Lebak terjadi kepadatan kendaraan mulai ruas jalan Malingping-Bayah-Cilograng.

Mereka para pengunjung wisatawan domestik itu dari wilayah Provinsi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Pengunjung memadati ruas jalan itu dengan menggunakan angkutan bus pariwisata, kendaraan pribadi, truk, bak terbuka dan sepeda motor.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017