Merak (Antara News) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar mengimbau pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera sebaiknya menyeberang pada siang hari untuk mengantisipasi kepadatan penumpang maupun kendaraan.

"Kami berharap pemudik tidak menyeberang pada malam hari untuk kelancaran arus mudik lebaran," kata Pudji Hartanto saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Rabu.

Selama ini, pemudik lebaran lebih senang menyeberang menuju Pulau Sumatera malam hingga dini hari sehingga terjadi penumpukan penumpang dan kemacetan kendaraan.

Apalagi, pemudik datang secara bersamaan sehingga kondisi Pelabuhan Merak terjadi kepadatan penumpang pejalan kaki maupun penumpang kendaraan pribadi.

Penyeberangan malam sampai dini hari itu sudah menjadikan kultur pemudik lebaran dengan alasan cuaca dingin.

Karena itu, ia mengimbau pemudik sebaiknya menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung siang hari untuk kelancaran lalu lintas.

Selama ini, angkutan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni belum terjadi lonjakan pemudik.

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak pada Selasa 20 Juni 2017 pukul 08.00-20.00 WIB, jumlah penumpang yang menyeberang sebanyak 5.456 orang.

Sedangkan jumlah penumpang di atas kendaraan tercatat 28.533 orang.

Jumlah kendaraan yang diseberangkan menggunakan 34 kapal mencapai 4.991 unit terdiri dari roda dua sebanyak 1.022 unit, kendaraan roda empat 3.165 unit, dan bus 223 unit, serta truk 581 unit.

Saat ini juga kondisi lalu lintas di dermaga I sampai V berjalan lancar tanpa antrean kendaraan.

Seluruh kendaraan yang masuk ke dermaga langsung naik ke atas kapal untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Kami menjamin selama ini angkutan Pelabuhan Merak berjalan lancar tanpa hambatan," ujarnya.

Ia memperkirakan puncak pemudik akan terjadi pada Kamis (22/6) dan Jumat (23/6) atau tiga sampai dua hari menjelang Lebaran atau H-3 dan H-2 bisa mencapai di atas ratusan ribu orang.

"Kami minta pemudik lebih baik berangkat menyeberang siang hari untuk memperlancar akses lalu lintas," katanya.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan masyarakat yang akan menuju Pulau Sumatera sebaiknya berangkat siang hari agar tidak terjebak penumpukan penumpang dan kemacetan kendaraan.

Sebab berangkat malam hari biasanya menimbulkan antrean dan penumpukan penumpang.

"Kami berharap pemudik menyeberang siang hari untuk menghindari kepadatan dan penumpukan penumpang," katanya menjelaskan.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017