Jakarta (Antara News) - Universitas Mercu Buana Jakarta secara konsisten melaksanakan kegiatan-kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan kajian tentang Pancasila dalam proses pembelajaran.

"Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam lima sila Pancasila harus terus disosialisasikan kepada generasi penerus bangsa," kata Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta Arissetyanto Nugroho di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, secara tegas civitas akademika UMB mendukung Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa indonesia.

"Pancasila itu sudah final, jangan diotak-atik lagi. Pemerintahan boleh saja berganti tapi pancasila tetap harus ditegakkan," ujarnya.

Dijelaskannya, UMB sebagai salah satu perguruan tinggi besar di Jakarta, memiliki peran strategis dalam pemasyarakat nilai-nilai Pancasila.

"Pada masa pemerintahan Pak Harto ada penataran P4, tapi pada masa reformasi dihilangkan," katanya.

Saat ini, kata dia, dirasakan betapa penting Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa yang mejemuk. Sebab itu, tidak ada ideologi lain yang harus dianut di Indonesia, karena kita sudah memiliki Pancasila.

Pada sisi lain, kepemimpinan nasional juga harus memiliki jiwa Pancasilais. Seorang pemimpin harus memiliki ketegasan dalam menerapkan kebijakannya dan tak boleh keluar dari nilai - nilai pancasila yang sudah menjadi kesepakatan bangsa.

"Kita harus konsisten mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan sistem ketatanegaraan, undang-undang dan peraturan pemerintah," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017