Menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) Polres Serang melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, Senin untuk memastikan stok bahan pokok aman.
 
"Kunjungan ini dalam rangka meninjau kestabilan harga bahan pokok serta ketersediaan stok menjelang perayaan Natal dan tahun baru," kata Kapolres Serang AKBP Wiwin Setiawan, di Serang, Banten, Senin.
 
Dalam kunjungan tersebut, Kapolres didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Kabupaten Serang Adang Rahmat mengunjungi sejumlah kios mulai pedagang daging ayam, sayuran, beras dan bahan pokok lainnya.
 
Dari hasil pantauan, Kapolres menyebutkan bahwa, persediaan bahan pokok pangan di wilayah hukum Polres Serang masih normal.
 
“Untuk harga masih stabil meski ada kenaikan tapi masih dalam batas normal sedangkan untuk persediaan masih mencukupi," katanya.

Baca juga: Istri Ganjar Pranowo blusukan ke Pasar Rau Serang
 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Serang, Adang Rahmat menyampaikan bahwa, dari hasil pemantauan yang dilakukan untuk harga bahan pokok masih stabil diantaranya seperti beras, cabai, bawang merah, bawang putih dan minyak sayur.
 
"Harganya masih stabil, untuk beras premium Rp 13.500 per Kg, beras medium Rp 11.000 per Kg dan beras Bulog Rp9.450 per Kg," katanya.
 
Sementara itu, untuk harga cabai rawit itu memang ada kenaikan 13 persen tercatat pada minggu kemarin masih Rp70.000 saat ini sudah naik Rp80.000 sementara harga cabai rawit merah dari Rp80.000 sekarang menjadi Rp90.000.
 
"Kenaikan harga tersebut terjadi dikarenakan faktor cuaca yang memang tidak menentu," katanya.
 
Ia juga memastikan akan terus melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok untuk ketersediaan jelang Natal dan tahun baru.
 
"Kami akan terus memantau perkembangan selanjutnya dan memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Natal dan tahun baru untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Hadapi Natal, Pemkot Serang tinjau stok dan harga bahan pokok

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023