Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, menggandeng perusahaan untuk membina para petani sehingga kemampuannya dalam bertani lebih baik.

"Kami sudah meminta PT East West Seed Indonesia (Ewindo) mendampingi dan mendidik para petani sehingga  memiliki kemampuan dalam mengolah dan mengembangkan berbagai jenis palawija," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Senin.

Menurut dia, PT Ewindo siap membantu pengadaan benih palawaji bagi petani di Pandeglang. Pemkab Pandeglang meminta perusahaan itu sekalian membina petani.

"Jadi nanti saling menguntungkan. Pihak perusahaan menjual benih palawija pada petani sementara para petani juga memperoleh hasil maksimal karena didampingi oleh ahlinya," katanya.

Ia mengemukakan PT Ewindo merupakan perusahaan benih sayuran terpadu pertama di Indonesia yang menghasilkan benih unggul sayuran dan palawija.

"Dengan pembinaan dan pendampingan yang dilakukan pada petani serta penggunaan benih unggul akan mendorong peningkatan produksi palawija dan sayuran sehingga mampu mencukupi kebutuhan pasar, bahkan dijual ke daerah lain," katanya.

Menurut dia, Pandeglang memiliki lahan cukup luas dan cocok untuk mengembangkan berbagai jenis palawija. Adanya benih unggul diharapkan mendongkrak produksi dan menggairahkan para petani.

Bupati juga memberikan apresiasi atas rencana PT Ewindo mendatangkan tenaga ahli dan para petani yang sudah berpengalaman dari daerah lain untuk mendampingi petani di Kabupaten Pandeglang.

"Pihak perusahaan siap bekerja sama dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) petani kita dengan mendatangkan tenaga ahli dan petani yang telah berpengalaman dari daerah lain, di antaranya Purwakarta," katanya.

Menurut bupati, sebagus apa pun benih yang ditanam kalau kemampuan petaninya kurang maka hasilnya tidak akan maksimal.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017