Tangerang (Antara News) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyebutkan, sebanyak 485 industri di Kota Tangerang telah menerapkan Gugus Kendali Mutu.

Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Wawan di Tangerang, Rabu, menjelaskan untuk mendayagunakan seluruh sumber daya yang dimiliki perusahaan guna meningkatkan mutu, maka dibentuk Gugus Kendali Mutu.

Diharapkan, seluruh industri di Kota Tangerang yang berjumlah 3.223 industri bisa menerapkannya. "GKM adalah tolak ukur kualitas SDM yang dimiliki oleh suatu kota ataupun negara. Karena melalui kualitas produk industri yang dihasilkan bisa mencerminkan kualitas SDM yang memproduksinya," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menuturkan, GKM adalah sistem manajemen usaha yang ditujukan untuk meningkatkan daya saing produk industri.

Oleh karena itu, Pemkot mengajak kepada para pelaku usaha untuk bisa terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang tidak hanya berkualitas namun juga bisa bersaing secara harga.

"GKM dibangun dengan kebersamaan, apa yang bapak ibu yang hasilkan itu adalah produk yang menjadi bagian kebanggaan Kota Tangerang," jelasnya.

Ditambahkannya, Kota Tangerang bersaing dengan kota lainnya dalam memenuhi SDM yang berkualitas dengan tujuan menghasilkan produk yang bagus. "Tak hanya harga saja tetapi juga menciptakan SDM berkualitas," ujarnya.

Maka itu, Pemkot mengajak para pelaku industri untuk berkolaborasi dalam memajukan Kota Tangerang.

Namun demikian, Wali Kota juga meminta kepada para pelaku industri untuk bisa memberikan kontribusi nyata bagi Kota Tangerang, diantaranya dengan mendukung program kebijakan yang telah dilaksanakan oleh pemkot Tangerang.

"Kota ini juga harus dibangun bersama-sama layaknya perusahaan yang bisa menghasilkan produk yang berkualitas secara bersama-sama. Dari jajaran cleaning services sampai komisaris bersinergi untuk menghasilkan produk yang berkualitas," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017