Lebak (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Lebak mengoptimalkan pelayanan kesehatan dasar melalui pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat Dengan Tempat Perawatan (Puskesmas DTP) guna mendukung Program Lebak Sehat.

"Kami berharap Puskesmas DTP itu dapat meningkatkan pelayanan kesehatan dasar sehingga bisa menekan pasien RSUD Adjidarmo Rangkasbitung," kata Bupati Lebak Iti Octavia di Lebak, Senin.

Pemerintah Kabupaten Lebak hingga kini sudah memiliki Puskesmas DTP sebanyak 21 unit dari 42 Puskesmas di 28 kecamatan.

Pembangunan Puskesmas DTP ditargetkan 2019 semua Puskesmas menjadi DTP sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Apabila, masyarakat itu sehat tentu negara akan kuat juga usia harapan hidup (UHH) menjadi tinggi.

Selain itu juga kesehatan sangat berdampak terhadap pembangunan sehingga berharap Kabupaten Lebak lepas dari ketertinggalannya dan bisa bersaing dengan daerah lain di Provinsi Banten.

Karena itu, Puskesmas DTP itu diantaranya mempersiapkan pelayanan kesehatan dasar guna mendukung percepatan pembangunan daerah.

"Kami minta petugas medis di Puskesmas DTP bisa bekerja keras untuk mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya menjelaskan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Maman Sukirman mengatakan Puskesmas DTP membuka pelayanan selama 24 jam pe hari sehingga bisa mengatasi permasalahan layanan kesehatan dasar.

Selama ini, pelayanan kesehatan dasar berjalan dengan baik, karena terpenuhi sarana dan prasarana medis, termasuk kendaraan operasional.

Selain itu juga tenaga dokter, bidan dan perawat sudah menjangkau hingga pelosok-pelosok desa terpencil.

Bahkan, saat ini sudah terlayani masyarakat perdesaan dengan masuknya bidan desa dan perawat desa.

Mereka petugas medis tersebut dapat menekan angka kesakitan juga angka kematian ibu dan bayi.

Begitu juga tim gerak cepat (TGC) untuk mengambil tindakan pencegahan penularan penyakit menular jika kasus muncul di daerah tersebut.

Pelayanan ini, kata dia, merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Lebak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Kami terus meningkatkan sumber daya manusia agar benar-benar kualitas derajat kesehatan itu dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017