Serang, (Antara News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menyampaikan laporan mengenai tahapan pilgub Banten 2017 kepada Gubernur Banten Wahidin Halim di Kantor Gubernur di Serang, Senin.

Dalam pertemuan KPU Banten dengan gubernur Wahidin Halim tersebut, KPU juga menyerahkan empat buku yang disusun KPU Banten terkait dinamika proses Pilgub Banten, diantaranya hasil riset kerja sama dengan Untirta mengenai partisipasi pemilih dalam Pilgub Banten.

Ketua KPUD Banten Agus Supriyatna mengatakan dengan berakhirnya tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017, pihaknya wajib melaporkan dan menyerahkan laporan akhir penyelenggaraan Pilgub 2017 ke Pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini Gubernur Banten.

"Laporan kepada pemerintah daerah ini merupakan tahapan akhir dalam proses Pilgub Banten. Jadi ini kewajiban kami melaporkan kepada Pemerintah Daerah, sekalipun gubernur yang sekarang ini merupakan hasil Pilgub kemarin," kata Agus Supriyatna.

Pihaknya juga mengapresiasi dukungan pemerintah provinsi Banten serta kabupaten/kota, sejak tahapan perencanaan penganggaran, hingga proses Pilkada selesai.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak, masyarakat hingga pemerintah," kata Agus.

Selain melaporkan hasil Pilgub kepada gubernur, pada kesempatan ini KPUD dan Gubernur Banten membahas masalah sharing pembiayaan pilkada, pelaksanaan pilkada serentak 2018 di empat daerah yaitu Kabupaten Tangerang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kota Serang.

Sementara Gubenur Banten Wahidin Halim mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Banten, pasalnya  dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Banten pada 15 Februari 2017 seluruh tahapannya berjalan dengan aman dan lancar.

"Terima kasih kepada KPU Provinsi Banten. Meski Banten disebut zona merah, tapi Alhamdulillah Banten aman karena masyarakat Banten sudah dewasa dalam berdemokrasi," kata Wahidin Halim.

Menurut Wahidin, sebagai lembaga penyelenggara pemilu, KPU Banten telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik selama proses pelaksanaan Pilgub Banten.

"Keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan Pilgub Banten tidak terlepas dari kerja keras KPU dalam menyelenggarakan Pilkada secara berjenjang, serta partisipasi seluruh masyarakat Banten," kata Wahidin Halim.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017