Pandeglang, (Antara News) - Kementerian Sosial pada 2017 menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi 180 orang kalangan lanjut usia di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

"Bansos untuk kalangan lanjut usia (lansia) dari Kemensos ini membantu kita dalam menangan masalah kesejahteraan sosil di Pandeglang," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Senin.

Pemkab Pandeglang, kata dia, akan berupaya agar tingkat kesejahteraan masyarakat terus meningkat melalui berbagai program yang digulirkan oleh dinas/instansi, di antaranya perlindungan sosial oleh Dinas Sosial.

Para kepala desa/lurah di Kabupaten Pandeglang diminta membantu pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah masing-masing.

Pendataan PMKS dilakukan oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan diharapkan TKSK berkoordinasi dengan camat dan kades/lurah, dan harus dibantu yang mengetahui kondisi wilayah dan masyarakatnya.

Kerja sama dengan kepala desa/lurah, kata dia, diperlukan agar data PMKS yang diperoleh valid karena mereka lebih mengetahui kondisi wilayah dan penduduk di wilayahnya.

"Validasi data PMKS sangat diperlukan agar ketika ada bantuan atau pembinaan bagi masyarakat bisa tepat sasaran," kata dia.

Ia mengatakan banyak bantuan dan program pembinaan bagi PMKS baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat melalui kementerian terkait.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Entis Sutisna menyatakan  akan terus membantu penyandang disabilitas, anak yatim/piatu serta kalangan lanjut usia (lansia) melalui program  perlindungan sosial.

"Penyandang disabilitas, anak yatim/piatu dan kalangan lansia menjadi prioritas kami dalam program perlindungan sosial," katanya.

Mengenai jumlah, menurut dia, penyandang disabilitas, anak yatim/piatu dan lansia yang mendapat bantuan masing-masing 500 orang.

Penyaluran bantuan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial itu merupakan bagian dari upaya Pemkab Pandeglang yang bertekad meningkatkan kesejahteraann masyarakat.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017