Tangerang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) warga pesisir denga harapan bisa  mengentaskan kemiskinan.

"Pembangunan insfratruktur dan pemberdayaan ekonomi itu penting tapi masalah SDM juga dibenahi," kata Kepala Bidang pengembangan dan Kelembagaan Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemkab Tangerang Hairul Latif di Tangerang, Sabtu.

Hairul mengatakan Pemkab Tangerang berupaya untuk menekan tingkat kemiskinan di pesisir salah satunya program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan).

Masalah tersebut terkait aparat DPK Pemkab Tangerang, memberikan pembekalan kepada sejumlah relawan untuk mengajar di bangku SD di kawasan pesisir.

Namun tujuan relawan mengajar itu adalah agar warga sejak dini dapat memahami tentang peran penting pelestarian lingkungan di kawasan pesisir.

Kepala DPK Pemkab Tangerang, Herry Wibowo mengatakan para relawan diberikan bekal berbagai bidang diantaranya manfaat penanaman pohon bakau (mangrove) serta pelestarian lingkungan.

Pemahaman tentang lingkungan pesisir harus diberikan kepada anak didik sejak dini sehingga mereka dapat memelihara diantaranya dengan cara menanam mangrove.

Demikian pula relawan itu juga dibekali dengan pengetahuan tentang pesisir dan ekosistem laut sehingga dapat dijelaskan kepada anak didik dan para nelayan maupun petani tambak.

Para relawan tersebut nantinya akan mengajar pada 60 SD yang tersebar pada sejumlah desa dan kecamatan di pantai utara.

Pemahaman tentang pelestarian lingkungan sangat penting karena saat ini kawasan pesisir telah terjadi abrasi akibat lahan diterjang ombak perairan Laut Jawa menyebaban daratan berubah menjadi pantai.

Abrasi menerjang daratan mulai dari Kecamatan Kronjo, perbatasan dengan Kabupaten Serang, Banten hingga ke Kecamatan Kosambi yang bersebelahan dengan DKI Jakarta.

Hairul menambahkan relawan mengajar juga diharapkan menjadi pelopor dan berperan penting dalam menjaga ekosistem dan memupuk semangat untuk bekerja.

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017