Pandeglang, (Antara News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten fokus pada pembangunan Bandara Banten Selatan yang berlokasi di Kecamatan Panimbang.

"Saat ini kita sedang fokus mendukung pembangunan Bandara Banten Selatan. Memang proyek pusat, tapi sebagai tuan rumah kami juga ikut terlibat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang Tata Nanzar Riyadi di Pandeglang, Rabu.

Menurut dia, proses pembangunan bandara itu sempat terhenti karena belum pastinya lahan, namun saat ini sudah ada calon lokasi. Pihak Pemprov Banten yang akan menentukannya.

Bandara Banten Selatan dibangun untuk mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

Pembangunan KEK Pariwisa Tanjung Lesung masuk dalam rencana strategis pemerintah pusat, dan sebagai pendukungnya selain akan dibangun Bandara Banten Selatan, juga jalan tol dari Serang ke Tanjung Lesung.

Dalam mengembangkan KEK Pariwisata yang pusatnya di lokasi wisata Pantai Tanjung Lesung itu dilakukan lintas sektoral, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Selama ini,  Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, selain Pantai Carita. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi objek tersebut.

Karena potensinya cukup bagus,  pemerintah pusat memandang perlu untuk meningkatkan kawasan itu, dan dijadikan sebagai objek wisata nasional.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disediakan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017