Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, melakukan pelatihan digital marketing kepada pengusaha UMKM agar produk yang dihasilkan bisa menembus pasar nasional dan internasional.

"Jadi usaha kita bukan hanya di pasaran Tangsel saja, tetapi nasional bahkan kalau bisa dunia. Dan lewat kemampuan digital inilah UMKM bisa naik kelas," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan di Tangerang Rabu.  

Ia mengatakan kegiatan pelatihan digital marketing yang diselenggarakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan bertujuan agar pelaku usaha meningkatkan produknya menjadi naik kelas.

Baca juga: Pemkot Tangsel ajak stekholder genjot pelatihan UMKM

Pasalnya saat ini pemasaran dengan penggunaan teknologi informasi menjadi keharusan. Namun dengan kiat yang diberikan dalam pelatihan diharapkan dapat menjangkau segmen pasar yang dituju.

"Di tengah persaingan usaha yang sangat ketat, dibutuhkan kemampuan pemasaran yang baik terutama melalui digital karena daya jangkau yang luas," katanya.

Diakuinya jika persaingan usaha sangat begitu ketat sehingga perlu strategi untuk bisa menjangkau pembeli dari semua kalangan dan wilayah.

Baca juga: "Tangsel sejiwa festival" angkat perekonomian lokal

Oleh karena itu, peran Pemerintah Kota Tangerang Selatan hadir lewat pelatihan dengan memberikan wawasan terkait penggunaan digital dalam pemasaran produk usaha yang dimiliki oleh para pelaku UMKM.

Pasalnya, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian yang ada di Tangerang Selatan dan dapat menggerakkan ekonomi hingga wilayah.

"Tugas kami memberikan wawasan untuk membantu dan mendampingi bapak ibu sekalian supaya produk-produk ini dikenal dan layak hingga pasaran nasional," pungkas Pilar Saga Ichsan.

Baca juga: Wali Kota Tangsel instruksikan jajarannya antisipasi dampak pancaroba
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023