Tangerang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menjalin kerja sama menyangkut perekonomian dan pemanfaatan tata ruang dengan empat kota di dunia.

"Tahap pertama dengan Kota Quan Zhou, Tiongkok dan telah mengutus wakil wali kota ke daerah ini," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Jumat.

Ahmed mengatakan awal Juli 2017 dijajaki kerja sama dengan kota lain dengan Kota Hokaido, Jepang, Kota Incheon, Korea Selatan dan kota lainnya di Selandia Baru.

Dia mengatakan, Wakil Wali Kota Quan Zhou, Lu Gang bersama rombongan telah mendatangi Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Kecamatan Tigaraksa untuk menjalin kerja sama itu.

Kunjungan wakil wali kota dari negara tirai bambu itu merupakan undangan dari Pemkab Tangerang yang dilayangkan sejak lama, tapi baru belakangan ini ditanggapi.

Menurut dia, hubungan kedua negara segera dijajaki berupa "sister city" karena kedua daerah memiliki beberapa kesamaan seperti memiliki pantai, pabrik, industri manufaktur, perumahan dan kelautan.

Dia menambahkan, pemilihan tersebut karena tipikal kedua daerah hampir sama maka perlu dijalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan kunjungan balasan ke Quan Zhou, untuk membahas tindak lanjut dari kerja sama tersebut.

Ahmed mengatakan, perlu terlebih dahulu mempelajari manajemen daerah pesisir karena di Quan Zhou terdapat juga pantai dan industri kelautan.

Dalam pemaparan Lu Gang, potensi daerah harus digarap maksimal dan perlu ada kunjungan balasan ke negara itu untuk melihat langsung.

"Bila belum mengunjungi dan melihat potensi yang sudah digarap di negara itu, kita belum begitu percaya," katanya.

Walau demikian pihaknya optimistis jalinan kerja sama itu saling menguntungkan dan ada potensi peningkatan ekonomi terhadap Kabupaten Tangerang. 

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017