Tangerang, (Antara News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, yang merupakan percontohan program pengentasan desa dari ketertinggalan.

"Kami telah mendapatkan kabar, kunjungan Bapak Presiden ke Desa Kohod pada Jumat (26/5)," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar di Tangerang, Selasa.

Ahmed mengatakan Desa Kohod merupakan program percontohan pengentasan desa dari ketertinggalan.

Program itu sepenuhnya digagas dan dibiayai oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang dipimpin Ibu Negara Iriani Joko Widodo, dan istri Wapres, Mufidah Jusuf Kalla.

Semula OASE itu memilih salah satu desa di Kabupaten Lebak, tapi karena ada pertimbangan lain maka ditetapkan Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji.

Menurut dia, pemerintah membangun jalan setapak, penyediaan air bersih, program perbaikan rumah serta pemberdayaan ekonomi setempat.

Warga setempat memanfaatkan halaman rumah mereka dengan cara membudidayakan ikan lele agar dapat menambah pendapatan keluarga.

Bahkan warga Desa Kohod memanfaatkan tanah pekarangan dengan cara menanam aneka sayuran agar dapat dikonsumsi sendiri dan selebihnya dijual ke pasar.

Demikian pula pemerintah setempat membantu warga Kohod yang juga mayoritas nelayan dengan memberikan peralatan menangkap ikan.

Organisasi itu memiliki program kerja mengubah pola pikir warga untuk dapat hidup mandiri dengan pemberdayaan masyarakat.

Ahmed menambahkan pemerintah setempat juga membuka jaringan air bersih agar dapat dinikmati warga Desa Kohod.

Bahkan pemerintah setempat juga membangun saluran pembuang dan jamban keluarga agar warga dapat hidup sehat dan ketika banjir tidak mengenangi rumah mereka.

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017