Pandeglang, (Antara News) - Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita meminta semua program yang dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD)/satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dipublikasikan agar masyarakat mengetahuinya.

"Saya minta dipublikasikan dan di-'update' terus sesui dengan perkembangan dari program bersangkutan," katanya di Pandeglang, Minggu.

Saat ini, kata dia, masyarakat sudah memiliki akses pada teknologi informasi, dan banyak di antaranya yang mencari tahu perkembangan pembangunan dan program pemerintah daerah, baik melalui internet maupun media sosial lainnya.

"Banyak warga yang merasa kecewa, ternyata tidak sedikit program dari OPD belum dipublikasikan, saya tekankan ini tidak terjadi," ujarnya.

Untuk itu, Bupati menekankan pada Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi dan Statastik, sebagai kordinator dari publikasi agar memantau dan mem-publish semua program OPD.

"Masyarakat ingin mendapatkan berita-berita terbaru dari perkembangan program kita, maka harus terus di-publish dan di-update," ujarnya.

Kepala Diskomsantik Kabupaten Pandeglang Yahya Gunawan Kasbin menjelaskan terus melakukan upaya perbaikan dan pembenahan kinerja agar bisa lebih maksimal.

"Dinas Komsantik ini merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) baru, yang terbentuk barus satu bulan, melakukan perbaikan dan pembenahan kinerja agar bisa sesuai harapan," ujarnya.

Ia juga menyatakan akan menindaklanjuti instruksi dari Bupati Pandeglang yang mengharapkan agar OPD itu mem-publish dan meng-update pemberitaan dari program OPD yang ada di daerah ini.

"Kami juga terus membangun 'command center' sebagai pusat informasi dan komunikasi baik semua pihak, termasuk masyarakat," katanya.

Agar  command center bisa berjalan, pihaknya sudah mengkaji dan melakukan Visitasi ke masing-masing OPD lain di Pandeglang untuk mengetahui apakah pelayanan sudah dibantu dengan teknologi atau belum.

"Kami sudah kunjungi seluruh OPD, dari 33 OPD memang masih ada 10 OPD yang belum menggunakan teknologi, namun kami mendorong supaya OPD lain segera menggunakan peran teknologi dalam pelayanan publik-nya," ujarnya.

Tujuannya agar memudahkan OPD yang lain, memudahkan masyakarakat tentunya dalam meperoleh informasi.

"Ke depan kami akan mempatenkan aplikasi e- Surat  agar lebih efisien lagi dalam pengelolaan surat-menyurat," katanya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017