Serang, (Antara News) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten bersiap-siap untuk membentuk panitia pengawas pemilu (Panwas) di tingkat kabupaten/kota di Banten, untuk menghadapi pilkada serentak 2018 mendatang.

Ketua Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Banten Eka Satya Laksmana di Serang, Rabu mengatakan, pada awal Juni 2017 pihaknya akan membentuk panitia seleksi (Pansel) yang akan bertugas melakukan penjaringan anggota Panwaslu di empat daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak.

Melalui Pansel tersebut, diharapkan pada Juli 2017 sudah terbentuk masing-masing tiga anggota Panwslu di empat daerah tersebut.

"Yang melakukan seleksi calon panwas nanti oleh tim seleksi. Kami berharap nanti orang-orang yang lolos seleksi adalah yang memiliki integritas yang kuat dalam menjalankan tugas pengawasan pilkada serentak," kata Eka Satya Laksmana didamping anggota Bawaslu lainnya Abdul Rosyid Sidiq usai evaluasi proses pengawasan Pilgub Banten.

Eka mengatakan, sambil melakukan seleksi anggota panwas di empat kabupaten/kota, piaknya juga masih menunggu regulasi yang baru terkait Pemilu yang sedang dilakukan pembahasan oleh DPR. Namun demikian, untuk sementara ini pola perekrutan serta jumlah anggota panwas di kabupaten/kota masih mengacu pada aturan sebelumnya.

Ia mengatakan, empat daerah di Banten yang akan mengikuti pilkada serentak pada 2019 yakni Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Lebak.

"Kami berharap kekurangan atau kelebihan dalam proses pengawasan Pilgub Banten kemarin bisa menjadi pelajaran dalam pengawasan di tingkat kabupaten/kota," kata Eka.

Sementara terkait pergantian anggota Bawaslu Banten Pramono U Thantowi yang telahmenjadi anggota KPU RI. Anggota baru Bawaslu Banten yang menggantikan yakni Abdul rosyid Sidiq yang sudah dilantik oleh Ketua Bawaslu RI kemarin (/5).

"Secara resmi pak Rosyid ini sudah dilantik untuk menggantikan pak Pramono yang menjadi KPU RI. Jadi pak Rosyid akan bertugas hingga habis masa tugas Bawaslu Banten periode ini sekitar September 2017," kata Eka.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017