Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang fokus memacu peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten itu yang ke-497 guna menghela kemajuan berkelanjutan. 
 
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Banten, Minggu, mengatakan, ke depan pihaknya tetap fokus kepada faktor pendorong peningkatan IPM Serang sebagai daerah tertua di Provinsi Banten.
 
"Di infrastruktur sudah lumayan baik, maka selanjutnya kita akan fokus ke pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang (Puspemkab) karena kita harus cepat serah terima dengan Kota Serang," katanya.

Baca juga: 162 warga Kota Serang ajukan pindah mencoblos pada Pemilu 2024
 
Selain itu berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat, kata dia, juga akan terus didorong melalui pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mengingat pengangguran di Kabupaten Serang tercatat cukup tinggi.
 
"Tidak mungkin kita hanya mengandalkan industri di Kabupaten Serang saja, peluang kerja harus dibuka sebanyak-banyak," ucap Ratu Tatu Chasanah.
 
Bupati Tatu mengatakan semua Organisasi Perangkat Ddaerah (OPD) yang berkaitan diminta terus meningkatkan pemberdayaan UMKM, mulai dari pelatihan hingga pemasaran guna untuk menekan angka pengangguran yang tidak bisa terhindarkan.
 
"BPS menilai enam bulan yang tinggal di Kabupaten Serang meski bukan ber-KTP sini, jika belum mendapatkan pekerjaan, maka itu juga masuk ke daftar jumlah pengangguran di Kabupaten Serang, maka saat ini fokus kita untuk ke sana," kata Bupati Tatu Chasanah.

Baca juga: 497 Tahun Kabupaten Serang, berbagai kalangan apresiasi kemajuan daerah
 

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023