Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten, Provinsi Banten membantu penyandang disabilitas, anak yatim/piatu serta kalangan lanjut usia (lansia) melalui program perlindungan sosial.

"Penyandang disabilitas, anak yatim/piatu dan kalangan lansia menjadi prioritas kita dalam program perlindungan sosial," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Entis Sutisna di Pandeglang, Senin.

Mengenai jumlah, menurut dia, penyandang disabilitas, anak yatim/piatu dan lansia yang mendapat bantuan masing-masing 500 orang.

Penyaluran bantuan bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial iu, menurut dia, merupakan bagian dari upaya Pemkab Pandeglang yang bertkad meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan meningkatkan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu komitmen yang akan diwujudkannya.

"Kita akan berupaya agar tingkat kesejahteraan masyarakat terus meningkat melalui berbagai program yang digulirkan oleh dinas/instansi, di antaranya perlindungan sosial oleh Dinas Sosial.

Para kepala desa/lurah di Kabupaten Pandeglang, diminta membantu pendataan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah masing-masing.

Pendataan PMKS dilakukan oleh Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), dan diharapkan TKSK berkoordinasi dengan camat dan kades/lurah, dan harus dibantu yang mengetahui kondisi wilayah dan masyarakatnya.

Kerja sama dengan kepala desa/lurah, kata dia, diperlukan agar data PMKS yang diperoleh valid, karena lebih mengetahui kondisi wilayah dan penduduk di wilayahnya.

Validasi data PMKS sangat diperlukan agar ketika ada bantuan atau pembinaan dari masyarakat bisa tepat sasaran. Banyak bantuan dan program pembinaan bagi PMKS baik dari pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat melalui kementerian terkait.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017