Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang mencanangkan gerakan peduli sampah sebagai gerakan sosial dengan melibatkan kelompok masyarakat untuk berkomitmen peduli terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan. 

Tujuannya adalah untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Rawakucing dan dikelola oleh warga menjadi produk bernilai dan pendapatan yang dapat disedekahkan.

Sejumlah program gerakan sosial pun telah disiapkan seperti Gerakan Sedekah Sampah, Less Waste Event, Forum Komunitas Hijau, Bank Sampah, TPS 3R, Pembinaan Sekolah Adiwiyata, Pembentukan Kampung Hijau hingga aplikasi dalam memantau tumpukan sampah.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, sampah organik dan anorganik yang tidak memiliki nilai ekonomis ketika diolah dan dipilah mampu menjadi sesuatu yang berguna seperti kompos, kerajinan tangan hingga pahala melalui program sedekah sampah.

"Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama untuk menuju Kota Tangerang Bebas Sampah 2020," kata Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Ivan Yudianto mengatakan, Gerakan Sedekah Sampah adalah Gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Tangerang. Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama. (Achmad)

Caranya pun sangat mudah yakni warga Memilah Sampah Anorganik dan hasilnya diberikan Kepada Petugas. Kemudian sampah Yang Terkumpul Disetorkan ke Bank Sampah dan hasil Penjualan Sampah Disumbangkan ke Bazda.

Begitu juga dengan Less Waste Event yang merupakan kegiatan bersama terdiri dari penyelenggara, sponsor, pemilik lahan, pembeli stand, berkomitmen untuk melakukan pengelolaan sampah dan mengajak pengunjung untuk berpartisipasi membuang sampah pada tempatnya secara terpilah dan sampah terpilah akan disedekahkan melalui badan atau lembaga yang sudah disediakan.

Program Less Waste Event telah dilaksanakan setiap kegiatan Pemda seperti Safari Pembangunan hingga Car Free Day. Bersama Komunitas yang tergabung dalam Forum Komunitas Hijau, sampah dikelola dengan baik sehingga tak ada tumpukan sampah setelah acara.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017