Tangerang (Antara News) - Memasuki triwulan pertama tahun 2017, jumlah UKM di Kota Tangerang, Banten, mengalami peningkatan sebanyak 500 UKM baru.

Kepala Seksi Bina Usaha dan Peningkatan Daya Saing UKM Endang Purwaningsih di Tangerang, Rabu, mengatakan meningkatnya jumlah UKM disebabkan karena kemudahan proses perijinan yang diberikan.

Selain itu, Pemkot Tangerang pun menyediakan fasilitas dalam membantu pelaku UKM untuk melakukan promosi hingga penjualan.

Misalnya saja kegiatan Tangerang Expo dan kegiatan diluar daerah yang mengenalkan produk - produk asli Kota Tangerang.

Ditambah lagi, sejumlah produk UKM Kota Tangerang pun telah menembus pasar internasional sehingga mendorong warga lainnya untuk berwirausaha.

"Pembinaan yang dilakukan Pemkot Tangerang secara rutin dan juga saluran - saluran dalam proses promosi, membuat pelaku UKM merasa terbantu sehingga membuat pertumbuhan setiap waktunya," ujarnya.

Sementara itu, jumlah UKM Kota Tangerang tahun 2016 tercatat ada 10 ribu unit. Lalu hingga triwulan pertama ini tercatat ada 10.553 unit atau bertambah 553 unit pelaku UKM.

Endang juga menuturkan, UKM merupakan kekuatan ekonomi di suatu daerah karena bisa bertahan meski adanya masalah ekonomi.

Bahkan, Pemkot Tangerang telah menyediakan berbagai fasilitas untuk pelaku UKM seperti di Bandara Soekarno - Hatta, pusat belanja hingga taman.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017