Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menyerukan dan mengajak seluruh pihak untuk menyelamatkan Sungai Cisadane dari kerusakan seperti pencemaran limbah, pendangkalan, dan tumpukan sampah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu, mengatakan peringatan Hari Air Dunia ke-25/2017 tingkat Kota Tangerang mengusung tema "Ayo, Selamatkan Cisadane untuk Anak Cucu Kita" dan dilaksanakan di Flying Deck Cisadane.

Dikatakannya, tema ini diangkat sebagai sebuah bentuk ajakan kepada seluruh masyarakat untuk bertindak secara nyata dengan aksi-aksi penyelamatan DAS Cisadane yang akan diwariskan untuk generasi masa depan.

Peringatan Hari Air, lanjutnya, bukan sekadar seremonial namun menjadi komitmen bersama dalam mengembangkan serta menjaga air sebagai sumber kehidupan.

"Mudah-mudahan ini tidak hanya jadi seremonial tapi jadi komitmen bersama dari seluruh masyarakat dalam menjaga air yang jadi sumber kehidupan," ujar Arief ketika memberi sambutan pada peringatan Hari Air Dunia ke-25 tingkat Kota Tangerang.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan harapannya agar Sungai Cisadane tidak lagi menjadi tempat sampah karena banyaknya sampah yang masuk ke Kota Tangerang melalui sungai yang membelah Kota Tangerang ini. "Mudah-mudahan tidak ada lagi yang membuang sampah ke sungai " harapnya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menambahkan tujuan dari  peringatan Hari Air Dunia ini adalah untuk meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat untuk melestarikan Sungai Cisadane.

Kemudian juga membangun komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan aksi nyata menyelamatkan sungai Cisadane yang memberikan kehidupan bagi 20 juta penduduk di wilayah provinsi Banten dan Jawa Barat dari kerusakan dan pencemaran lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan orang yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan serta elemen masyarakat, di antaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK ), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPERA), Pemerintah Daerah, PDAM, pelaku bisnis, unsur masyarakat, dunia pendidikan serta asosiasi profesi.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017