Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menata bantaran Sungai Cisadane menjadi tempat rekreasi keluarga dan pusat kegiatan warga.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Minggu, mengatakan melestarikan Cisadane tak sekedar hanya pada keberadaan sungai saja untuk menjaga mutu kualitas air yang merupakan air baku utama warga Tangerang.

Tetapi, bantaran sungai cisadane yang telah dilakukan penurapan pun, dijaga dengan melakukan penataan. Misalnya saja membangun taman Nobar, fasilitas bermain anak, mushalla, berbagai jenis pohon sebagai penghijauan, taman air mancur, lapangan futsal, land mark Kota Tangerang berupa benteng, meriam dan flying deck.

Bahkan, saat malam hari pun tetap terlihat menarik karena telah dilengkapi lampu - lampu di sisi bawah turap sungai cisadane sehingga sangat terlihat menawan.

"Kita menjaga mutu air baku sungai cisadane dari pencemaran limbah dan sampah. Lalu bantarannya pun kita rapihkan sebagai tempat rekreasi warga," ujarnya dalam peringatan hari Air Dunia di Flying Deck Cisadane

Hampir setiap harinya, bantaran sungai cisadane selalu di penuhi warga untuk berolahraga, berkumpul maupun mengadakan kegiatan. Seperti halnya Taman Dayung yang baru saja dibangun tahun lalu untuk pembinaan dan pengembangan olahraga dayung.

Termasuk juga dengan Festival Cisadane yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Kota Tangerang. Diharapkan, warga bisa ikut terlibat dalam menjaga kebersihan sungai cisadane.

"Sungai Cisadane telah menjadi potensi wisata lokal di Kota Tangerang. Maka itu, penataan akan terus dilakukan di tahun ini karena proses penurupan oleh kementerian pun akan kembali dikerjakan," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Ivan Yudianto mengatakan pihaknya rutin melakukan pengawasan terhadap adanya pencemaran limbah. Petugas patroli telah dibentuk untuk memeriksa jika ada industri yang membuang limbah.

Begitu juga dengan penghijauan bersama Bidang Pertamanan yang membuat taman - taman tematik sehingga bisa dipakai warga sebagai pusat olahraga saat pagi maupun sore hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Nana menuturkan untuk menjaga kebersihan sungai cisadane dari sampah, ada petugas khusus yang melakukan pembersihan. Sehingga, cisadane terbebas dari sampah maupun kiriman dari daerah luar.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017