Tangerang (Antara News) - Pembangunan sejumlah Taman yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang selama beberapa tahun terakhir telah menjadi ruang publik yang baru bagi masyarakat. Selain sebagai ruang terbuka hijau, taman juga banyak memiliki manfaat terutama pusat kegiatan warga.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, tujuan pembangunan taman adalah untuk mewujudkan The City Of Happiness atau Kota Yang Bahagia. Sebab, banyak warga merasakan manfaat taman terutama taman tematik. Hampir setiap harinya, sejumlah taman tematik selalu dipenuhi warga untuk berfoto, berdiskusi hingga tempat belajar para siswa.

Oleh karena itu, Pemkot Tangerang masih akan terus melakukan pembangunan taman melalui program Tangerang Berbenah. Selain membuat kota menjadi indah dan rapih, warga pun diajak untuk cinta kepada lingkungan.

Misalnya saja penerapan program Kampung PHBS di pemukiman warga. Kemudian Eco Office di Kantor Pemerintahan hingga Industri Hijau berwawasan lingkungan dalam mengantisipasi penyebaran polusi maupun pencemaran.

"Pembangunan taman akan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sebab banyak warga yang membutuhkan ruang publik terutama perkotaan. Ini adalah bagian dari upaya Pemkot Tangerang mewujudkan Kota Layak Huni," ujarnya.     

Walikota juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga keindahan, kebersihan dan fasilitas yang ada di taman - taman. Meskipun, Pemkot Tangerang telah menyiagakan petugas setiap harinya dalam menjaga kebersihan dan penataan.

Sebab, taman tematik di Kota Tangerang tak hanya saja dinikmati oleh warga Kota Tangerang tetapi dari luar daerah juga. Taman telah berubah menjadi tempat pengembangan kreatifitas dan menjalin silaturahmi.

Oleh karenanya, sebagai warga Kota Tangerang harus merasa bangga dengan sumber daya yang dimilikinya dan menjadikan potensi keunggulan dalam bidang pariwisata. Karena, meski sebagai kota industri dan jasa, Kota Tangerang memiliki sejumlah cagar budaya dan sejarah perjuangan bangsa Indonesia seperti keberadaan Taman Makam Pahlawan sebagai Akademi Militer pertama.

Selain itu, Pemkot Tangerang pun mengajak peran pihak swasta untuk ikut serta dalam membangun Kota Tangerang seperti membuat ruang publik yang nyaman dan bisa dinikmati semua orang. Infrastruktur dan transportasi yang tergolong lengkap, membuat Kota Tangerang menjadi magnet bagi investor dalam mengembangkan usaha.

"Membangun Kota Tangerang bukan sekedar tugas pemerintah tetapi juga ada peran warga. Program yang telah disiapkan, sejatinya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan setiap wilayah menjadi Kota Layak Huni, Layak Investasi, Layak Dikunjungi dan Kota Pintar," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang setiap tahunnya melakukan pembuatan taman. Dari 140 taman yang dibangun pada tahun 2015, bertambah menjadi 155 lokasi taman. 

Dari taman yang ada, Pemkot membuat sembilan taman tematik pada tahun 2015 dan bertambah 12 taman lagi di tahun 2016. Sehingga, Kota Tangerang memiliki 21 taman tematik hingga akhir tahun 2016.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017