PT Bank Danamon Indonesia kembali menghadirkan acara market outlook Danamon Wealth Series 2023 yang mengupas tentang kondisi pasar, tantangan, serta peluang bagi pertumbuhan ekonomi, dan kelas aset investasi di Indonesia pada saat menjelang, selama dan setelah Pemilu 2024.

Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia dalam keterangan resmi mengatakan Pemilu di Indonesia menjadi momen penting dalam pelaksanaan hak berdemokrasi di negara ini. Selain implikasi politik yang signifikan kepada ekonomi dan sosial, Pemilu dapat berdampak positif maupun negatif bagi perekonomian.

“Pemilu yang berlangsung lancar dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: Sambut HUT ke-67, Danamon sediakan solusi finansial sesuai kebutuhan

Bank Indonesia mencatat peningkatan peredaran uang selama Pemilu menjadi gejala yang umum ditemukan. Hal ini berdasarkan historis empat periode putaran Pemilu sebelumnya yakni 2004, 2009, 2014 dan 2019.

Lalu  kinerja IHSG menunjukkan tren positif sejak enam bulan sebelum Pemilu. Hal ini tentu memberikan gambaran bahwa Pemilu dapat dilihat sebagai peluang bagi pasar modal Indonesia pada kuartal IV/2023 yang merupakan periode enam bulan sebelum Pemilu pada Februari 2024.

Edward Narodo selaku Head of Partnership Distribution PT BRI Manajemen Investasi menambahkan generasi millennial memiliki peran penting dalam investasi SG (environmental, social, and corporate governance).

Dimana demografi tersebut telah berinvestasi sebesar $51,1 miliar pada instrumen berbasis investasi berkelanjutan pada tahun 2020. Hal ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan 2015 di mana investasi di segmen tersebut masih kurang dari $5 miliar. 

Baca juga: Bank Jawa Barat dan Banten lebarkan sayap ke Banjarmasin

Edward juga menambahkan, 40 persen Gen Z menyatakan bahwa keputusan investasi mereka didorong oleh perusahaan yang punya tujuan dalam lima tahun ke depan. 

"Hal ini memberikan sinyal bahwa prospek investasi berkelanjutan dipandang cukup cerah. Pada 2025, diharapkan sekitar 33 persen dari semua aset global yang dikelola akan memiliki mandat SRI dan ESG," ujarnya.

Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia mengatakan komitmen Danamon sebagai organisasi yang customer-centric dan sebagai “Bank Pilihan Anda” terus berupaya menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu nasabah kian tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya.

"Proposisi nilai unik dari Layanan Danamon Privilege berfokus untuk menjaga aspirasi setiap generasi dengan solusi wealth advisory untuk pengembangan aset, berbagai keistimewaan dari World of Privileges seperti fasilitas airport pick-up & fasilitas medical check-up serta kemudahan akses layanan digital banking yang lengkap, untuk membantu nasabah memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka. Hal ini merupakan perwujudan visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan,” katanya.

Baca juga: BI Banten dorong kemajuan pariwisata Banten tumbuh dan berkembang
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023